Pemerintah Arab Saudi Batasi Jemaah Haji 1.000 Orang

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 16:56 WIB
Pemerintah Arab Saudi Batasi Jemaah Haji 1.000 Orang

Menteri Urusan Haji Arab Saudi, Mohammad Benten (foto: iNews)

RIYADH, iNews.id - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah mengeluarkan keputusan mengenai jumlah jemaah yang diperbolehkan menjalankan ibadah haji tahun 2020.

Dilansir dari AFP, Selasa (23/6/2020) sore, pemerintah Arab Saudi melalui Kementerian Urusan Haji mengumumkan jemaah yang diperbolehkan menjalankan ibadah haji tahun ini sekitar 1.000 orang.

Pemerintah tidak merinci lebih detail mengenai alokasi dan sistem penentuan jemaah yang diperbolehkan menjalankan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19.

"Jumlah jemaah haji kira-kira 1.000 orang, mungkin bisa kurang, mungkin juga bisa sedikit lebih banyak," kata Menteri Urusan Haji, Mohammad Benten.

"Jumlahnya tidak akan sampai puluhan ribu atau ratusan ribu," lanjutnya.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah memutuskan untuk pelaksanaan haji tahun ini bisa tetap berjalan dengan sangat terbatas yakni hanya diperuntukan bagi jamaah yang telah bermukim di Arab Saudi. Langkah ini diambil guna mengurangi risiko penambahan kasus baru Covid-19 dari pendatang luar negeri.

Dari data terbaru, Arab Saudi mengalami penambahan kasus Covid-19 sebanyak 3.3.93 menjadi total 161 ribu kasus, sementara jumlah kematian mencapai angka 1.307 jiwa.

Editor : Arif Budiwinarto