Pemerintahan Junta Myanmar Pertimbangkan 5 Poin Konsensus ASEAN, asal

Anton Suhartono ยท Selasa, 27 April 2021 - 12:53:00 WIB
Pemerintahan Junta Myanmar Pertimbangkan 5 Poin Konsensus ASEAN, asal
Pemerintahan junta militer Myanmar pertimbangkan 5 konsensus pertemuan para pemimpin ASEAN (Foto: Reuters)

YANGON, iNews.id - Pemerintahan junta militer Myanmar mempertimbangkan secara cermat usulan hasil pertemuan ASEAN Leaders Meeting (ALM) yang digelar di Jakarta akhir pekan lalu.

Dalam pernyataan resmi pertama usai pertemuan yang juga dihadiri pemimpin Min Aung Hlaing itu, junta memperhatikan setiap saran yang membangun.

"Saran tersebut akan dipertimbangkan secara positif jika sesuai dengan kepentingan negara dan didasarkan pada tujuan dan prinsip (ASEAN)," bunyi pernyataan pemerintahan junta, seperti diutip dari Reuters, Selasa (27/4/2021).

Seperti diketahui pertemuan para pemimpin ASEAN mengeluarkan lima poin konsensus berisi langkah-langkah untuk mengakhiri kekerasan dan memulai pembicaraan antara pihak berseteru di Myanmar.

Lima poin konsensus itu meliputi desakan kepada pemimpin junta militer Myanmar agar mengakhiri kekerasan terhadap warga sipil, diadakan dialog konstruktif antara pihak berkepentingan, dibentuknya utusan khusus ASEAN untuk memfasilitasi dialog, membuka akses bantuan kemanusiaan, dan menerima kunjungan utusan khusus ke Myanmar.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan, Min Aung Hlaing akan mengambil poin-poin yang duanggap perlu dan membantu. 

Min Aung Hlain juga tidak menentang peran konstruktif ASEAN, kunjungan delegasi, serta bantuan kemanusiaan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2