Pemerkosaan di Parlemen Australia Terkuak, Muncul Aduan Pelecehan Baru oleh Pelaku yang Sama

Djairan ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 17:40:00 WIB
Pemerkosaan di Parlemen Australia Terkuak, Muncul Aduan Pelecehan Baru oleh Pelaku yang Sama
PM Australia, Scott Morrison. (Foto: AFP)

CANBERRA, iNews.id – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, merasa muak dengan tuduhan pemerkosaan oleh pria yang bekerja untuk partainya di gedung parlemen negara itu. Menurut dia, ada masalah budaya kerja di lingkungan pemerintahan yang harus diperbaiki.

Komentar itu menyusul laporan terbaru bahwa ternyata ada perempuan lain yang juga mengaku mendapatkan pelecehan seksual oleh pria yang sama dengan yang dituduh memerkosa Brittany Higgins, pegawai perempuan mantan penasihat media pemerintah.

“Peristiwa ini benar-benar membuat saya muak, sebagaimana yang juga dirasakan semua orang. Itulah mengapa saya berusaha untuk menangani ini secepat dan seefektif mungkin,” kata Morrison, dikutip Reuters, Sabtu (20/2/2021).

Morrison telah meminta maaf kepada Higgins pada Selasa (16/2/2021) lalu atas insiden memalukan yang menyeret nama baik partainya itu. Dia juga telah memerintahkan penyelidikan terhadap budaya kerja di lingkungan pemerintahan.

“Kali ini saya setuju bahwa parlemen harus menetapkan standar kerja. Kita punya masalah di parlemen, terkait budaya tempat kerja yang ada di sana,” kata Morrison kepada wartawan. 

Higgins mengaku telah diperkosa di kantor Menteri Pertahanan Linda Reynolds, di dalam gedung parlemen, pada Maret 2019 oleh pria yang bekerja untuk Partai Liberal pimpinan Morrison. Dia akan mengajukan pengaduan resmi kepada polisi, setelah sebelumnya enggan melakukan itu lantaran khawatir akan masa depan kariernya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2