Facebook Blokir Seluruh Konten Berita, Australia: Tindakan Kejam!

Djairan ยท Kamis, 18 Februari 2021 - 13:38:00 WIB
Facebook Blokir Seluruh Konten Berita, Australia: Tindakan Kejam!
Platform media sosial Facebook di ponsel pintar (ilustrasi). (Foto: AFP)

CANBERRA, iNews.idFacebook secara mengejutkan memblokir seluruh konten berita di Australia, Rabu (17/2/2021). Langkah itu sebagai buntut dari tuntutan Pemerintah Australia yang memaksa Facebook membayar penerbit berita. 

Mulai Kamis (18/2/2021) pagi, warga negeri kanguru tidak bisa menemukan atau mengunggah berita di Facebook.

“Anda tidak akan menemukan konten di platform kami yang berasal dari organisasi yang mempekerjakan jurnalis profesional, yang memiliki kebijakan editorial, dan yang memiliki proses pengecekan fakta,” ungkap Facebook dalam pesan kepada warga Australia, seperti disampaikan Menteri Komunikasi Paul Fletcher, dikutip Reuters, Kamis (18/2/2021).

Facebook menyatakan, baik individu maupun perusahaan penerbit berita di Australia tidak dapat berbagi dan melihat berita dari portal berita lokal dan internasional. Facebook merasa keberatan dengan rancangan undang-undang (RUU) yang dirilis Pemerintah Australia, yang mengharuskan pihaknya membayar konten berita dari platform media nasional yang ditampilkan di Facebook.

Dalam sidang di Senat Australia pada Januari lalu, Facebook mengatakan pihaknya dapat memblokir konten di negara itu jika RUU itu disahkan menjadi undang-undang. Menteri Keuangan Australia, Josh Frydenberg, langsung merespons tindakan Facebook.

“Facebook salah, tindakan Facebook tidak perlu, tindakan itu kejam, dan akan merusak reputasinya di Australia,” kata Frydenberg dalam konferensi pers.

Dia mengatakan, CEO Facebook Mark Zuckerberg tidak memberikan peringatan sama sekali tentang pemblokiran berita tersebut, setelah mereka berdialog pada akhir pekan lalu membahas RUU usulan Pemerintah Australia itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2