Pemimpin Korut Kim Jong Un Sebut K-pop sebagai Kanker Ganas

Anton Suhartono · Jumat, 11 Juni 2021 - 13:27:00 WIB
Pemimpin Korut Kim Jong Un Sebut K-pop sebagai Kanker Ganas
Kim Jong Un (Foto: KCNA via Reuters)

SEOUL, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menyebut K-pop sebagai kanker ganas yang merusak model berpakaian, gaya rambut, dan perilaku anak muda negara itu. 

Kim sejak lama melarang budaya baru, terutama dari Korea Selatan dan negara Barat, masuk ke negaranya karena merusak tatanan.

Media pemerintah KCNA melaporkan, jika dibiarkan, infiltrasi budaya itu akan membuat Korut rusak secara perlahan.

Masuknya K-pop menjadi permasalahan baru bagi pemerintah Korut belakangan ini. Tak heran jika Kim mendeklarasikan perang terhadap budaya ini serta lainnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, hampir setiap hari Kim atau media pemerintah mengecam pengaruh anti-sosialis dan nonsosialis yang menyebar di negaranya, terutama film dan drama Korea Selatan serta video K-pop.

"Pemuda Korea Utara berpikir mereka tidak berutang apa pun kepada Kim Jong Un. Dia harus menegaskan kembali kontrol ideologisnya kepada kaum muda jika tidak ingin kehilangan fondasi untuk masa depan dinasti keluarganya di pemeruinahan," kata Jung Gwang Il, seorang pembelot Korut yang menyelundupkan berbagai barang K-pop dari Korsel, dikutip dari New York Times, Jumat (11/6/2021).

Keluarga Kim telah memerintah Korut selama tiga generasi. Pada setiap generasinya, kesetiaan kaum milenial terhadap negara sering diuji.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2