Penampakan Tsunami Terjang Rumah akibat Letusan Dahsyat Gunung Bawah Laut di Tonga

Anton Suhartono ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 16:38:00 WIB
Penampakan Tsunami Terjang Rumah akibat Letusan Dahsyat Gunung Bawah Laut di Tonga
Tsunami dampak letusan gunung bawah laut Hunga Tonga Hunga Ha'apai menerjang rumah di Tonga (Foto: Twitter/Sakakimoana)

WASHINGTON, iNews.id - Peringatan tsunami dikeluarkan di Pasifik menyusul letusan dahsyat gunung berapi bawah laut di lepas pantai Tonga, Sabtu (15/1/2022). Peringatan dikeluarkan untuk beberapa negara Pasifik Selatan, selain Tonga adapula Samoa Amerika bagian dari Amerika Serikat, Fiji, serta Selandia Baru.

Beberapa foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan gelombang laut dengan arus kuat menghantam rumah di Tonga.  Di Fiji, gelombang laut juga menerjang kendaraan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berada di AS menyebutkan, terjangan tsunami teramati terjadi ibu kota Tonga, Nuku'alofa, yakni setinggi 83 sentimeter dan ibu kota Samoa, Pago Pago, setinggi 60 cm. Namun peringatan tsunami untuk wilayah Samoa Amerika sudah dicabut.

Biro Meteorologi Australia melaporkan, letusan Gunung Hunga Tonga Hunga Ha'apai yang berada sekitar 65 kilometer di sebelah utara Nuku'alofa itu memicu tsunami hingga ketinggian 1,2 meter.

Untuk wilayah Australia tak ada ancaman tsunami yang mencapai daratan, namun badan meteorologi terus memantau perkembangannya mengingat tsunami masih mengancam selama letusan gunung masih terjadi. 

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: