Penasihat Kerajaan Arab Saudi Dicalonkan sebagai Dirjen WTO

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 18:12 WIB
Penasihat Kerajaan Arab Saudi Dicalonkan sebagai Dirjen WTO

Penasihat Kerajaan Arab Saudi, Mohammed Al-Tuwaijri (foto: AFP)

RIYADH, iNews.id - Arab Saudi mengajukan nama Penasihat Kerajaan, Mohammed Al-Tuwaijri, sebagai kandidat Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Al-Tuwaijri pernah menjabat sebagai Menteri Ekonomi dan Perencanaan Kerajaan Arab Saudi dari November 2017 sampai Maret 2020 saat dia diangkat menjadi Penasihat Kerajaan Saudi.

Dilansir dari Arab News, Kamis (9/7/2020), WTO telah menerima surat resmi pencalonan Al-Tuwaijri dari Kerajaan Arab Saudi.

"Menindaklanjuti komunikasi sebelumnya, kami sudah menerima surat pencalonan Mohammad Maziad Al-Tuwaijri untuk posisi Direktur Jenderal WTO dari delegasi Kerajaan Arab Saudi pada 8 Juli 2020," demikian pernyataan resmi WTO.

Pengajuan nama Al-Tuwaijri dengan pengalamannya dalam perdagangan internasional sebagai bentuk komitmen Arab Saudi memajukan peran organisasi tersebut.

"Dalam memorandumnya kepada WTO, Kerajaan Arab Saudi menegaskan keyakinan besar pada sistem perdagangan multilateral dan peran vital yang dimainkan organisasi dalam sistem ini," isi pernyataan Arab Saudi.

Sejauh ini sudah ada delapan negara, termasuk Arab Saudi, yang mengajukan kandidat Dirjen WTO. Tujuh negara lainnya yaitu Korea Selatan, Inggris, Nigeria, Mesir, Kenya, Meksiko, dan Moldova.

Para calon yang telah menyelesaikan pendaftaran tersebut akan menghadiri sidang komisi WTO pada tanggal 15-17 Juli mendatang untuk mempresentasikan visi mereka dan menjawab pertanyaan negara anggota WTO.

Pemilihan dirjen WTO itu dilakukan dengan cara menggagalkan calon yang mendapat dukungan rendah dari negara anggota WTO hingga hanya tersisa satu calon saja.

Dirjen WTO saat ini dijabat oleh Roberto Carvalho de Azevedo asal Brasil sejak 2013. Dia meneruskan kepemimpinan Pascal Lamy.

Editor : Arif Budiwinarto