Peneliti Sebut Komodo 'Berselingkuh' dengan Spesies Kadal Lain di Australia

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 06:43:00 WIB
Peneliti Sebut Komodo 'Berselingkuh' dengan Spesies Kadal Lain di Australia
Komodo. (Foto: Dok.)

SYDNEY, iNews.id – Studi terbaru menyebut komodo kawin dengan spesies kadal lain yang hanya ditemukan di Australia. Hasil penelitian tersebut mengungkap kebiasaan berkembang biak tak lazim dari kadal raksasa itu.

Saat ini, komodo hanya ditemukan di beberapa pulau di Indonesia. Namun, sejumlah peneliti meyakini hewan itu aslinya berasal dari Australia. Para peneliti dari Universitas Nasional Australia telah menemukan hubungan genetik.

Ahli biologi evolusi yang juga peneliti utama dalam studi tersebut, Carlos Pavón Vázquez mengatakan, ketika timnya menggali lebih dalam data genetik, mereka menemukan bukti bahwa komodo kawin dengan nenek moyang biawak pasir alias sand monitor. Biawak pasir adalah sejenis kadal yang hanya ada di Australia.

“Ada sebuah misteri. Dalam hal ini, yang menjadi misteri adalah penyebab konflik dalam hubungan evolusi antara komodo dan kerabat dekatnya, sand monitor,” kata Pavón Vázquez, dikutip The Guardian, Selasa (2/3/2021).

“Apa yang kami temukan adalah bahwa jutaan tahun yang lalu, komodo melakukan hibridisasi, yang berarti berkembang biak dengan kelompok kadal lain,” ucapnya.

Dia mengatakan, temuan itu menjadi bukti jelas yang pertama mengenai kawin silang pada biawak liar.

Menurut dia, komodo dan biawak pasir pada akhirnya terpisah oleh lautan. Biawak pasir kini hanya ditemukan di Australia dan selatan Papua Nugini; sedangkan komodo cuma dijumpai di Indonesia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 3