Penembakan di Kampus Rusia Tewaskan 8 Orang, Pelaku Sempat Posting Foto Pegang Senapan

Anton Suhartono ยท Senin, 20 September 2021 - 16:16:00 WIB
Penembakan di Kampus Rusia Tewaskan 8 Orang, Pelaku Sempat Posting Foto Pegang Senapan
Penembakan di Universitas Perm, Rusia, menewaskan 8 orang, pelaku juga tewas akibat luka (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Mahasiswa pelaku penembakan di Universitas Negeri Perm, Rusia, Senin (20/9/2021), tewas akibat luka-lukanya. Insiden tersebut menewaskan delapan orang dan melukai beberapa lainnya.

Juru Bicara Universitas Negeri Perm Natalia Pechishcheva mengatakan, pelaku ditembak oleh polisi. Sebelumnya Pechishcheva mengatakan, pelaku yang belum disebutkan identitasnya ditangkap.

"Dia dibasmi," katanya, dikutip dari Reuters.

Rekaman video menunjukkan tubuh pelaku dalam kondisi tengkurap di lantai.

Rekaman lainnya yang beredar di media sosial menunjukkan kepanikan para mahasiswa untuk menghindari tembakan. Mereka melompat keluar jendela dari lantai pertama lalu menuju ke tempat aman.

Selain itu ada pula yang mengganjal pintu ruang kelas dengan kursi agar pelaku tidak bisa masuk.

"Ada sekitar 60 orang di dalam kelas. Kami menutup pintu dan mengganjalnya dengan kursi," kata mahasiswa, Semyon Karyakin.

Media lokal mengidentifikasi pria itu sebagai mahasiswa berusia 18 tahun. Dia sebelumnya mengunggah foto di media sosial memegang senapan dan amunisi.

"Saya sudah memikirkan ini sejak lama, bertahun-tahun, dan saya menyadari saatnya telah tiba untuk melakukan apa yang saya impikan," kata pria itu, di akun media sosial yang kini sudah dihapus.

Tindakannya tidak terkait dengan politik atau agama, namun didorong oleh kebencian.

Pada Mei lalu, seorang remaja melepaskan tembakan ke sebuah sekolah Kota Kazan menewaskan sembilan orang. Peristiwa itu merupakan penembakan paling mematikan di sekolah Rusia sejak 2018. Saat itu seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi di Krimea membunuh 20 orang sebelum bunuh diri.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: