Penjara di Burundi Terbakar, 38 Napi Tewas Mengenaskan

Anton Suhartono ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 19:26:00 WIB
Penjara di Burundi Terbakar, 38 Napi Tewas Mengenaskan
Penjara di Gitega, Burundi, terbakara menewaskan sedikitnya 38 narapidana (Foto: Twitter)

GITEGA, iNews.id - Penjara terbesar di Burundi yang berada di Ibu Kota Gitega terbakar, Selasa (7/12/2021), pagi waktu setempat. Sedikitnya 38 narapidana tewas. Wakil Presiden Burundi Prosper Bazombanza mengatakan, sebanyak 39 napi lainnya luka dalam insiden tersebut.

Seorang jurnalis media swasta yang bermukim di dekat penjara mengatakan, sebagian besar fasilitas penjara ludes terbakar. Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan banyak mayat bergelimpangan. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 waktu setempat saat para napi masih tidur sehingga tak sempat menyelamatkan diri.

Penjara Gitega sebenarnya memiliki kapasitas 400 napi, namun fasilitas itu dijejali 1.539 orang berdasarkan data Christian Association Against Torture (ACAT-Burundi) pada bulan lalu.

“Banyak perawat rumah sakit Gitega dikerahkan dan kami melihat mereka memasuki penjara untuk membantu,” kata jurnalis tersebut, dikutip dari BBC.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran.

Ini bukan kebakaran pertama di fasilitas itu. Pada akhir Agustus 2021, api melalap akibat korsleting listrik di beberapa bagian penjara namun tidak ada korban.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: