Penjara Dibobol Kelompok Bersenjata, 5 Polisi Tewas dan 800 Tahanan Kabur

Umaya Khusniah · Sabtu, 13 Agustus 2022 - 08:42:00 WIB
Penjara Dibobol Kelompok Bersenjata, 5 Polisi Tewas dan 800 Tahanan Kabur
Lima polisi tewas dan tiga jip keamanan dibakar setelah sekelompok orang bersenjata membobol sebuah penjara di Republik Demokratik Kongo. (Foto: Reuters)

BUTEMBO, iNews.id - Lima polisi tewas dan tiga jip keamanan dibakar setelah sekelompok orang bersenjata membobol sebuah penjara di Republik Demokratik Kongo. Sebanyak 800 tahanan juga dilaporkan melarikan diri. 

Juru Bicara Militer di wilayah Beni, Kapten Antony Mualushayi mengatakan,  orang-orang bersenjata menyerang penjara pusat Kakwangura di Kota Mutembo Selasa (9/8/2022) malam. 

Akibat serangan itu, sejumlah warga sipil menggelar aksi protes pada Jumat (12/8/2022). Mereka marah mengapa penjara di tengah kota diserang dengan begitu mudah. 

"Situasinya kritis - kami telah melihat ledakan besar-besaran di Butembo dan kami tidak tahu ke mana mereka melarikan diri," kata Van Germain Katsiwa, perwakilan dari kelompok masyarakat sipil setempat melalui telepon.

Juru Bicara Operasi Militer yang melawan kelompok-kelompok bersenjata di provinsi Kivu Utara, Antony Mwalushayi mengatakan, pasukan Kongo telah mampu memadamkan kerusuhan tetapi suasana di kota itu tetap tegang. Dia membenarkan lima polisi telah tewas dan tiga jip polisi dibakar dalam kerusuhan tersebut.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda