Penyakit Misterius di India Mengganas, Diperkirakan 30.000 Orang Terpapar

Anton Suhartono ยท Sabtu, 04 September 2021 - 20:43:00 WIB
Penyakit Misterius di India Mengganas, Diperkirakan 30.000 Orang Terpapar
Penyakit misteris di Uttar Pradesh, India, diperkirakan memapar 30.000 orang (Foto: BBC)

NEW DELHI, iNews.id - Penyakit misterius yang menyerang Uttar Pradesh, India, sejak beberapa pekan terakhir semakin menjadi-jadi. Jumlah orang terinfeksi diperkirakan mencapai 30.000 orang.

Para ahli belum bisa memastikan penyakit itu, namun ada dugaan demam berdarah diliat dari tanda-tandanya yakni menurunnya trombosit. Sejauh ini 50 orang meninggal, 40 di antaranya anak-anak dalam sepekan terakhir.

Media lokal melaporkan, sekitar 30.000 orang di Kota Kanpur dan Firozabad terinfeksi penyakit yang disebabkan virus tersebut. 

Para pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri sendi.

Semua pasien di rumah sakit telah menjalani tes Covid-19, sejauh ini tidak ada yang positif. 

Beberapa pasien di rumah sakit dinyatakan positif demam berdarah, namun analisis itu diragukan dan lebih tepat tifus scrub. Lulur tipus menyebar melalui gigitan tungau, serangga kecil, yang terinfeksi. Sementara demam berdarah disebabkan nyamuk aedes aegipty.

Selama Perang Dunia II, wabah tifus scrub seperti ini terjadi di beberapa negara. Sejauh ini tidak ada vaksin untuk melawan tifus scrub, memicu ketakutan akan epidemi wabah baru saat negara sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: