Penyakit Misterius Landa Tanzania, 15 Pasien Meninggal Setelah Muntah Darah

Anton Suhartono ยท Selasa, 09 Februari 2021 - 13:46:00 WIB
Penyakit Misterius Landa Tanzania, 15 Pasien Meninggal Setelah Muntah Darah
Sedikitnya 25 orang di Tanzania meninggal dunia akibat terpapar penyakit misterius, pasien muntah darah (Ilustrasi, Foto: AFP)

DODOMA, iNews.id - Penyakit misterius melanda Tanzania, pasien muntah darah lalu meninggal dunia dalam beberapa jam. Sejauh ini sedikitnya 15 orang meninggal akibat penyakit tersebut.

Lebih dari 50 orang dirawat di rumah sakit setelah megalami gejala yang belum bisa dipastikan penyebabnya. Umumnya mereka mengalami mual.

Pejabat kesehatan Tanzania mengatakan, beberapa pasien di Mbeya, kebanyakan laki-laki, meninggal setelah beberapa jam menunjukkan gejala.

Felista Kisandu, kepala petugas medis di perdesaan Distrik Chunya, Mbeya, mengatakan, tim ahli dikerahkan untuk memeriksa pasien serta menyelidiki penyebabnya.

"Kasus ini belum meluas. Ini terjadi hanya di satu bangsal pemerintahan di Ifumbo, di mana orang-orang muntah darah lalu meninggal karena terlambat dibawa ke rumah sakit. Penyebab penyakit belum diidentifikasi, tapi Kementerian Kesehatan Tanzania telah mengesampingkan wabah," ujar Kisandu, dikutip dari The Sun, Selasa (9/2/2021).

Kisandu menambakan, tim telah mengambil sampel air di saluran warga serta darah pasien untuk mengetahui jejak kontaminasi merkuri.

"Pemeriksaan klinis awal mengungkapkan, pasien, kebanyakan laki-laki, menderita sakit maag dan lever. Kami menyarankan mereka untuk menghindari minuman keras, merokok, dan minuman beralkohol lainnya," ucapnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2