Penyelidik PBB Tuduh Presiden Venezuela Maduro Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Anton Suhartono ยท Kamis, 17 September 2020 - 05:59 WIB
Penyelidik PBB Tuduh Presiden Venezuela Maduro Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Nicolas Maduro (Foto: AFP)

JENEWA, iNews.id - Laporan penyelidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut Presiden Venezuela Nicolas Maduro serta para menterinya harus bertanggung jawab atas kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dalam laporan pertama, Tim Pencari Fakta Internasional yang diprakarsai Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB, ditemukan bukti bahwa aktor negara, termasuk Maduro, berada di balik kejahatan serius seperti pembunuhan di luar proses hukum serta penyiksaan secara sistematis.

Ketua tim Tim Marta Valinas mengatakan, laporan itu mendapati alasan masuk akal untuk dipercaya bahwa pihak berwenang Venezuela dan pasukan keamanan merencanakan dan melaksanakan pelanggaran HAM serius sejak 2014.

"Pembunuhan secara sewenang-wenang dan penyiksaan secara sistematis merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan," kata Valinas, dikutip dari AFP, Kamis (17/9/2020).

Tim yang beranggotakan tiga orang itu memang tak melakukan penyelidikan di dalam Venezuela karen tidak mendapatkan akses. Mereka mengandalkan wawancara jarak jauh dengan para korban, saksi, dan pihak lain.

"Jauh dari tindakan terisolasi, kejahatan ini dikoordinasikan dan dilakukan sesuai kebijakan pemerintah, dengan pengetahuan atau dukungan langsung dari komandan serta pejabat senior pemerintah," demikian isi laporan setebal 141 halaman itu.

Laporan tersebut menyoroti lonjakan sejumlah pembunuhan di luar proses hukum, sebagian besar pembunuhan yang dilakukan pasukan keamanan tidak melalui penuntutan.

Tim meneliti sekitar 2.500 insiden sejak 2014 melibatkan lebih dari 5.000 pembunuhan oleh pasukan keamanan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua