Perempuan 90 Tahun Kena Tipu Rp462 Miliar, Pelaku Nyamar Jadi Petugas Keamanan China

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 April 2021 - 13:33:00 WIB
Perempuan 90 Tahun Kena Tipu Rp462 Miliar, Pelaku Nyamar Jadi Petugas Keamanan China
Perempuan di Hong Kong menjadi korban penipuan sebesar Rp462 miliar oleh pelaku yang menyamar sebagai pejabat keamanan publik China (Foto: Reuters)

HONG KONG, iNews.id - Seorang perempuan berusia 90 tahun di Hong Kong menjadi korban penipuan sebesar 250 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp462 miliar. Pelaku mengaku sebagai pejabat keamanan China.

Menurut keterangan kepolisian Hong Kong, Selasa (20/4/2021), pelaku diduga bagian dari sindikat penipuan online melalui telepon yang mengincar korban orang kaya berusia lanjut. Para korban bisa terjebak sehingga bersedia mentransfer uang untuk investasi yang sebenarnya fiktif.

Korban diketahui tinggal di permukiman elite Hong Kong, The Peak.

Dilaporkan South China Morning Post (SCMP), mengutip sumber kepolisian, para pelaku mulai menghubungi perempuan yang disembunyikan identitasnya itu pada musim panas lalu, berpura-pura sebagai pejabat keamanan publik China. Mereka mengatakan kepada korban bahwa identitasnya telah dicatut dalam kasus kriminal serius di China.

Perempuan itu diminta mentransfer uang dari rekeningnya ke rekening milik tim investigasi untuk diamankan dan diawasi.

Beberapa hari kemudian, seseorang datang ke rumahnya membawa ponsel dan kartu SIM khusus untuk berkomunikasi dengan petugas keamanan palsu. Pria itu membujuk korban untuk melakukan total 11 transfer bank.

Selama 5 bulan, korban mengirim total 250 juta dolar Hong Kong atau sekitar Rp462 miliar ke rekening penipu. Ini merupakan kasus penipuan terbesar melalui telepon di Hong Kong.

Kasus ini terungkap setelah pembantu rumah tangga perempuan itu mendapati kejanggalan lalu menghubungi putri majikannya yang kemudian ditindaklanjuti ke kepolisian.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2