Perempuan Hamil Positif Covid-19 Berpotensi Melahirkan Prematur

Anton Suhartono ยท Jumat, 18 September 2020 - 14:02 WIB
Perempuan Hamil Positif Covid-19 Berpotensi Melahirkan Prematur

Studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengungkap perempuan hamil berpotensi lebih besar melahirkan prematur (Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Dua studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengungkap, perempuan hamil yang terinfeksi virus corona berpotensi lenih tinggi melahirkan prematur.

CDC mengungkap, perempuan hamil berisiko mengalami komplikasi serius sehingga meningkatkan risiko melahirkan lebih cepat dari waktu normal. Bukan hanya itu, pasien punya risiko lebih tinggi mengalami keguguran atau bayi meninggal saat proses persalinan, seperti dikutip dari The New York Times, Jumat (18/9/2020).

Temuan ini konsisten dengan beberapa laporan sebelumnya bahwa perempuan hamil berisiko tinggi terkena penyakit parah saat mereka terjangkit Covid-19.

Namun beberapa ahli memperingatkan, jumlah perempuan hamil positif Covid-19 yang dijadikan sampel studi relatif sedikit dan sebagian besar mereka dirawat di rumah sakit, sehingga belum tentu mewakili kondisi sebenarnya.

Dari total 703 kasus perempuan hamil yang menjadi bahan studi, tiga di antaranya meninggal dunia.

Satu studi melibatkan 598 perempuan hamil positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit di 13 negara bagian AS dari 1 Maret hingga 22 Agustus. Usia rata-rata mereka 30 tahunan, namun 1 dari 5 memiliki masalah kesehatan kronis, seperti asma atau hipertensi.

Lebih dari separuh sampel tidak mengalami gejala saat mereka dirawat di rumah sakit karena berbagai alasan.

Sementara itu dari 272 perempuan yang memiliki gejala, 16 persen di antaranya menjalani perawatan di ICU dan 8,5 persen membutuhkan ventilator untuk membantu pernapasan. Dua perempuan meninggal dunia.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua