Perempuan Korsel Terinfeksi Virus Korona Setelah Pulang dari Thailand

Anton Suhartono ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 13:30 WIB
Perempuan Korsel Terinfeksi Virus Korona Setelah Pulang dari Thailand

PM Korsel Chung Sye Kyun (tengah) mengecek kesiapan di fasilitas karantina virus korona sementara di dekat bandara Incheon (Foto: AFP)

SEOUL, iNews.id - Seorang perempuan Korea Selatan (Korsel) dinyatakan positif terinfeksi virus korona. Dia diketahui baru pulang dari Thailand.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KCDC), seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Selasa (4/2/2020), menyatakan, pasien merupakan perempuan berusia 42 tahun yang pulang pada 19 Januari 2020.

Dia mengaku tak enak badan yakni menggigil pada 25 Januari hingga dilakukan pengecekan tubuh.

Hasilnya, perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu dinyatakan positif terinfeksi virus korona, Senin (3/2/2020), setelah kondisinya tak menunjukkan perkembangan meskipun sudah menjalani perawatan.

Dia kini dalam karantina.

Perdana Menteri Korsel Chung Sye Kyun mengatakan akan menolak masuk warga asing yang melakukan perjalanan ke Wuhan kota lain di Provinsi Hubei sejak 2 pekan terakhir demi mencegah penyebaran lebih lanjut. Aturan tersebut berlaku pada hari ini.

Korsel melaporkan 15 kasus virus korona sejauh ini dan belum ada korban meninggal. Umumnya mereka yang terinfeksi baru berpergian dari Wuhan, meskipun ditemukan juga kasus penyebaran dari warga yang tak berpergian ke China.

Korban meninggal virus korona di seluruh dunia kini mencapai 427 orang, sebanyak 425 berada di China dan dua lainnya masing-masing di Filipina dan Hong Kong.

Sementara jumlah korban terinfeksi mencapai 20.400 orang di China ditambah lebih dari 180 orang di berbagai negara, hingga Selasa. Tiga negara dengan kasus virus korona terbanyak adalah Jepang, Thailand, dan Singapura, masing-masing 20, 19, dan 18 kasus.

Editor : Anton Suhartono