Perempuan yang Buka Pintu Pesawat karena Kegerahan Dilarang Naik Maskapai UIA Selamanya

Anton Suhartono ยท Sabtu, 05 September 2020 - 16:14:00 WIB
Perempuan yang Buka Pintu Pesawat karena Kegerahan Dilarang Naik Maskapai UIA Selamanya
Seorang perempuan nekat membuka pintu darurat pesawat Ukraine International Airlines karena kegerahan (Foto: Instagram)

KIEV, iNews.id - Seorang perempuan yang membuka pintu darurat pesawat di bandara Ukraina karena kegerahan dilarang menaiki maskapai yang sama sampai seterusnya.

Dia membuka pintu darurat pesawat Ukraine International Airlines (UIA) yang baru mendarat di bandara Kiev pada 31 Agustus 2020. Setelah itu dia berjalan-jalan di sayap pesawat.

Maskapai menjelaskan sang perempuan membuka pintu darurat secara ilegal. Oleh karena itu dia dimasukkan dalam daftar hitam dan dilarang terbang menggunakan maskapai UIA sampai seterusnya.

"Penumpang itu masuk daftar hitam atas pelanggaran berat terhadap aturan keselamatan penerbangan dan perilaku di atas pesawat," bunyi keterangan UIA.

Disebutkan pula tindakannya itu telah memberikan contoh tidak baik dari orangtua terhadap anak-anaknya.

Bukan hanya itu, maskapai juga mendesak otoritas terkait menuntut yang bersangkutan dengan denda atau hukuman finansial sangat tinggi.

Perempuan asal Antalya, Turki, itu mengeluh kepanasan di dalam pesawat sehingga nekat membuka pintu daruat. Saat itu dia sedang bepergian bersama suami serta dua anaknya.

Aksi sang perempuan yang sedang berjalan di sayap pesawat direkam oleh saksi lalu diunggah di akun Instagram @boryspilchany hingga menjadi viral.

Video menunjukkan dia masuk kembali ke pesawat sementara staf bandara berbicara dengannya dari darat.

"Dia berjalan hampir sepanjang koridor, dari ekor ke deretan pintu keluar darurat, membuka pintu, lalu keluar," kata seorang penumpang.

Sementara itu suami dan kedua anaknya juga sudah turun dan tercengang melihat istrinya berjalan di sayap.

Pilot langsung memanggil ambulans, polisi, dan petugas perbatasan. Saat petugas tiba, perempuan itu sudah masuk kembali ke dalam.

Pihak berwenang memastikan perempuan yang tidak disebutkan identitasnya itu tak dalam kondisi mabuk minuman alkohol atau pengaruh obat-obatan.

Editor : Anton Suhartono