Peringati 76 Tahun Kemenangan dalam Perang Dunia II, Rusia Unjuk Kekuatan Tempur

Anton Suhartono ยท Minggu, 09 Mei 2021 - 18:59:00 WIB
Peringati 76 Tahun Kemenangan dalam Perang Dunia II, Rusia Unjuk Kekuatan Tempur
Presiden Vadimir Putin menghadiri parade memperingati 76 tahun kemenangan Uni Soviet dalam Perang Dunia II (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Vladimir Putin menghadiri parade memperingati 76 tahun kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II, Minggu (9/5/2021). Parade itu tampilan kekuatan militer, baik personel maupun armada tempur. 

Parade yang digelar di Lapangan Merah, Moskow, itu menampilkan lebih dari 12.000 tentara serta lebih dari 190 armada militer, termasuk peluncur rudal balistik antarbenua serta hampir 80 pesawat militer.

Putin berdiri di samping para veteran perang Soviet di platform yang didirikan di Lapangan Merah.

"Sayangnya sekali lagi ada upaya untuk menyebarkan banyak hal dari ideologi Nazi. Mereka yang terobsesi dengan teori delusi tentang keeksklusifan mereka. Tidak hanya (oleh) semua jenis radikal dan kelompok teroris internasional," kata Putin, mengomentari peringatanan ini, dikutip dari Reuters. 

"Rusia akan berulang kali menegakkan hukum internasional, namun pada saat yang sama kami akan dengan tegas melindungi kepentingan nasional, memastikan keamanan rakyat," ujarnya, lagi.

Parade tahun ini digelar di tengah meningkatnya ketegangan Rusia dengan negara Barat karena berbagai masalah, mulai dari konflik di Ukraina hingga nasib tokkoh oposisi Alexei Navalny yang kini dipenjara.

Amerika Serikat dan Rusia saling mengusir diplomat dalam beberapa bulan terakhir terkait berbagai isu, seperti tuduhan campur tangan dalam pilpres serta peretasan.

Bukan hanya AS beberapa negara UNI Eropa juga mengusir diplomat Rusia yang direspons dengan pengusiran balasan.

Editor : Anton Suhartono