Pertama di Dunia, 9 Kera Termasuk Orangutan Sumatera Disuntik Vaksin Covid

Djairan ยท Jumat, 05 Maret 2021 - 13:27:00 WIB
Pertama di Dunia, 9 Kera Termasuk Orangutan Sumatera Disuntik Vaksin Covid
(Ilustrasi, Foto: iNews.id)

LOS ANGELES, iNews.id - Sembilan kera besar, terdiri dari empat orangutan dan lima bonobo, di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat, membuat sejarah dalam ilmu kedokteran hewan sebagai primata pertama di dunia yang disuntik vaksin Covid-19.

Pihak kebun binatang, Kamis (4/3/2021) waktu setempat, melaporkan salah satu penerima vaksin itu adalah orang utan betina Sumatera berusia 28 tahun bernama Karen. Karen sempat menjadi perhatian publik saat menjadi kera pertama yang menjalani operasi jantung pada 1994 silam.

 “Hewan-hewan itu semuanya dalam keadaan baik dan sehat,” kata Juru Bicara Kebun Binatang San Diego, Darla Davis, dikutip dari Reuters, Jumat (5/3/2021).

Masing-masing hewan menerima dua dosis vaksin eksperimental, yang awalnya dirancang untuk anjing dan kucing. Orangutan dan bonobo dipilih untuk disuntik vaksin karena termasuk kera yang dianggap paling berisiko tertular virus.

Vaksin yang digunakan dikembangkan oleh perusahaan farmasi hewan Zoetis. Meskipun belum diuji pada kera, namun vaksin itu telah digunakan lintas spesies. Kera-kera kebun binatang itu sebelumnya pernah mendapat vaksin flu dan campak.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2