Pidato Pertama Presiden AS Joe Biden: Demokrasi Telah Menang

Djairan ยท Kamis, 21 Januari 2021 - 01:17:00 WIB
Pidato Pertama Presiden AS Joe Biden: Demokrasi Telah Menang
Presiden AS Joe Biden saat menyampaikan pidato pertamanya. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Joe Biden menyampaikan pidato pertamanya usai dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 di Gedung Capitol Washington DC, Rabu (20/1/2021) waktu setempat. Biden siap memimpin AS yang sedang terhuyung-huyung dengan perpecahan politik usai Pilpres AS 2020.

Selain itu juga ekonomi yang terpukul akibat pandemi virus Corona, yang telah menewaskan lebih dari 400.000 orang di AS.

“Melalui wadah selama berabad-abad, Amerika telah diuji. Dan kini Amerika telah bangkit menghadapi tantangan,” ujar Biden saat memulai pidato pelantikannya dikutip dari Reuters, Kamis (21/1/2021).

“Hari ini, kita merayakan kemenangan, bukan hanya dari seorang kandidat, melainkan karena sebuah tujuan. Tujuan demokrasi, pada jam ini teman-teman, demokrasi telah menang,” katanya.

Dengan tangan  di atas Alkitab pusaka tebal yang telah ada di keluarganya selama lebih dari satu abad, Biden mengambil sumpah jabatan presiden dipandu Hakim Agung AS John Roberts. Dia bersumpah untuk ‘melestarikan, melindungi dan membela Konstitusi AS’.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: