Pilot Dituduh Menonton Aktivitas Penumpang di Toilet Pesawat melalui Livestreaming

Anton Suhartono ยท Minggu, 27 Oktober 2019 - 14:33 WIB
Pilot Dituduh Menonton Aktivitas Penumpang di Toilet Pesawat melalui Livestreaming

Pilot dituduh menonton aktivitas penumpang di toilet pesawat secara langsung (Foto: AFP)

PHOENIX, iNews.id - Perbuatan asusila diduga dilakukan dua pilot maskapai Amerika Serikat, Southwest Ailines, dalam penerbagan dari Pittsburgh menuju Phoenix. Mereka dipergoki oleh pramugari bisa menonton tayangan penumpang yang sedang beraktivitas di toilet pesawat.

Diketahui, tayangan itu merupakan livestream melalui kamera tersembunyi yang dipasang di toilet penumpang.

Pramugari, Renee Steinaker, menuduh pilot sengaja memasang kamera di toilet lalu menonton penumpang perempuan yang beraktivitas di kokpit.

Dikutip dari Mirror, Minggu (27/10/2019), Steinaker melaporkan kedua pilot Southwest Airlines dengan nomor penerbangan 1088 itu. Peristiwa ini terjadi pada 27 Februari 2019.

Dalam dokumen laporan disebutkan, saat itu kapten pilot Terry Graham meminta Steinaker ke kokpit untuk menemani kopilot, Ryan Russell, sementara dia pergi ke toilet. Aturan Southwest mengharuskan harus ada dua orang di kokpit dalam kondisi apa pun.

Steinaker lalu melihat iPad yang ditempel ke jendela pesawat di sisi tempat duduk Graham yang memperlihatkan suasana toilet penumpang. Saat itu di toilet sedang ada Graham.

Mengetahui Steinaker menonton iPad, Russell terlihat panik. Russell pun menjelaskan bahwa kamera itu dipasang untuk alasan keamanan dan hal ini diterapkan pada setiap pesawat.

Namun sang pramugari tak percaya dengan penjelasan Russell. Dia pun memotret layar iPad yang masih menayangkan saat Graham buang air sebagai bukti.

Meski Steinaker sudah melaporkan kejadian ini, pilot dan kopilot masih tetap terbang yang artinya tak tindakan internal. Dia juga diminta oleh maskapai untuk bungkam. Tak hanya itu, dia dan suaminya, David, yang juga kru kabin di Southwest Airlines, dipantau ketat dan harus menjalani audit pekerjaan.

Mereka pun gerah dan merasa dijadikan obyek balas dendam terkait kasus ini.

Sementara itu seorang perwakilan Southwest Airlines membantah ada kamera yang dipasang di toilet.

“Keselamatan dan kenyamanan karyawan dan pelanggan merupakan prioritas Southwest yang tak kenal kompromi. Dengan demikian, Southwest tidak memasang kamera di toilet pesawat,” bunyi pernyataan.

Maskapai enggan berkomentar terkait proses pengadilan.

Editor : Anton Suhartono