PM Jepang Suga Minta Maaf Anak Buahnya Kunjungi Kelab Malam saat Pembatasan Covid-19

Anton Suhartono ยท Rabu, 27 Januari 2021 - 12:45:00 WIB
PM Jepang Suga Minta Maaf Anak Buahnya Kunjungi Kelab Malam saat Pembatasan Covid-19
Yoshihide Suga (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga meminta maaf setelah anggota parlemen dari partainya, Jun Matsumoto, tak mematuhi imbauan pembatasan Covid-19 dengan mengunjungi kelab malam

Pemerintah menyerukan semua warga menghindari acara yang tidak perlu demi mencegah penyebaran Covid-19.

Ulah anggota parlemen dari Partai Demokratik Liberal (LDP) itu semakin memukul Suga yang popularitasnya jatuh dipicu ketidakpuasan dalam menangani pandemi. Para kritikus menyebut pemerintahan Suga lamban dan tidak konsisten dalam mengeluarkan kebijakan wabah virus corona.

"Saya sangat menyesal ini terjadi saat kami meminta orang tidak makan di luar setelah pukul 20.00, menghindari acara tidak penting, tidak mendesak," kata Suga, yang juga menjabat pemimpin LDP, kepada parlemen, seraya menambahkan setiap anggota parlemen harus memahami posisinya di hadapan publik, dikutip dari Reuters, Rabu (27/1/2021).

Jepang memberlakukan keadaan darurat di Tokyo dan prefektur lain untuk mengendalikan kasus infeksi Covid-19 yang terus melonjak. Tindakan tersebut mencakup permintaan agar restoran dan bar tutup pukul 20.00, meskipun tidak ada sanksi.

"Perilaku saya ceroboh saat kami meminta orang untuk bersabar," kata Matsumoto.

Matsumoto menyampaikan permintaan maaf setelah Daily Shincho mengangkat pemberitaan dirinya mengunjungi dua kelab malam di Ginza, Tokyo, setelah makan di sebuah restoran Italia, pada Senin (25/1/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2