PM Palestina Kutuk Gangguan Kaum Fanatik Yahudi terhadap Masjid Al-Aqsa selama Ramadhan

Antara ยท Selasa, 20 April 2021 - 14:01:00 WIB
PM Palestina Kutuk Gangguan Kaum Fanatik Yahudi terhadap Masjid Al-Aqsa selama Ramadhan
Kompleks Masjid al-Aqsa di Palestina. (Foto: AFP)

YERUSALEM, iNews.id – Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, mengutuk gangguan oleh kaum fanatik Yahudi yang didukung Pemerintah Israel terhadap Masjid al-Aqsa. Dia juga mengecam ekspansi pemukiman Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Tak hanya itu, dia pun mengecam tindakan Israel menghalangi Pemilu Palestina di Yerusalem Timur.

Berbicara pada pembukaan rapat kabinet mingguan Palestina yang diadakan di Ramallah, PM Shtayyeh menuntut agar Pemerintah AS bertindak cepat dan tegas untuk mengekang perluasan pemukiman Israel. Ekspansi itu mencakup rencana untuk mendirikan lebih dari 12.000 unit pemukiman di Tepi Barat, termasuk 540 unit di Jabal Abu Ghneim, selatan Yerusalem.

“Perluasan pemukiman Yahudi di wilayah pendudukan sangat berbahaya dan akan merusak upaya internasional untuk mendirikan Negara Palestina pada 4 Juni dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya,” kata dia.

Shtayyeh menuturkan, perluasan pemukiman dan pembahasan di Knesset (Parlemen Israel) terkait RUU untuk melegitimasi pos-pos pemukiman, bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB tentang aktivitas pemukiman, yang paling utama adalah 2334.

Shtayyeh juga mengutuk pelanggaran Israel yang sedang berlangsung terhadap Masjid al-Aqsa sebagai tempat suci, dan serangan oleh polisi terhadap jamaah di Yerusalem setiap hari selama Bulan Suci Ramadhan.

Dia mencatat, gangguan dan serangan adalah bagian dari rencana yang lebih besar yang bertujuan untuk membagi tempat suci umat Islam.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2