PM Thailand Prayut Chan O Cha Diminta Mundur demi Kepentingan Negara

Anton Suhartono ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 14:06:00 WIB
PM Thailand Prayut Chan O Cha Diminta Mundur demi Kepentingan Negara
PM Thailand Prayut Chan O Cha diminta mengundurkan diri oleh partai oposisi Pheu Thai (Foto: AFP)

BANGKOK, iNews.id - Perdana Menteri Thailand Prayut Chan O Cha diminta mengundurkan diri oleh partai oposisi terbesar, Pheu Thai, demi kepentingan negara.

Pernyataan itu disampaikan saat parlemen menggelar sidang khusus yang diminta Prayut untuk membahas demonstrasi yang sudah berlangsung beberapa bulan.

Demonstrasi yang dipimpin mahasiswa itu awalnya menuntut pengunduran diri Prayut, namun meluas ke reformasi monarki, yakni amandemen undang-undang untuk mengekang kekuasaan Raja Maha Vajiralongkorn.

"Perdana Menteri merupakan penghalang dan beban utama bagi negara. Mohon untuk mundur dan semuanya akan berakhir dengan baik," kata ketua Partai Pheu Thai, Sompong Amornvivat, dikutip dari Reuters, Senin (26/10/2020).

Prayut meminta sidang khusus parlemen setelah pemberlakuan keadaan darurat pada 15 Oktober untuk mengakhiri demonstrasi gagal. Massa tak mengindahkan aturan selama keadaan darurat bahkan massa yang turun ke jalan mencapai puluhan ribu.

"Saya yakin, hari ini, terlepas dari perbedaan pandangan politik, semua orang masih mencintai negara ini," kata Prayut, dalam pidato pembukaannya.

Editor : Anton Suhartono