Polisi Kulit Hitam di AS Diserang Kata-Kata Kasar dan Rasial oleh Demonstran Kulit Putih

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 18:40:00 WIB
Polisi Kulit Hitam di AS Diserang Kata-Kata Kasar dan Rasial oleh Demonstran Kulit Putih
Seorang demonstran kulit putih menyerang polisi berkulit hitam dengan kata-kata rasial dan kasar pada unjuk rasa di Washington DC, AS, Seni (22/6/2020). (Foto: Twitter)

WASHINGTON DC, iNews.id – Seorang demonstran berkulit putih di Washington DC, Amerika Serikat, menghina seorang perwira polisi berkulit hitam dalam aksi unjuk rasa Black Lives Matter pada Senin (22/6/2020) malam waktu setempat. Lelaki kulit putih itu memanggil sang polisi dengan sebutan “negro” dan kata-kata kotor dalam sebuah video yang viral di Amerika.

Dilansir Alarabiyah, Rabu (24/6/2020), video tersebut direkam oleh jurnalis AS, Julio Rosas, dari situs berita konservatif Townhall. Video itu telah ditonton lebih dari 2 juta kali sejak diunggah.

“Anak lu bakal ngasi tahu kalau lu itu t*ik. Ibu lu bakal ngasi tahu kalau lu itu t*ik. Dan jika ibu lu enggak mau ngasi tahu, gue kasihan sama dia. Gue kasihan sama keluarga lu. Elu itu t*ik,” teriak laki-laki kulit putih itu di depan polisi kulit hitam itu.

“Lu itu cuma bikin masalah. Dan gue pengen tahu kalau anak-anak lu memperlakukan lu dengan cara yang layak. Katakan pada si hitam dan n*gro ini, agar berhenti meletakkan tangannya pada orang-orang,” kata demonstran kulit putih itu lagi, melanjutkan umpatan dan kata-kata kasarnya.

Polisi kulit hitam yang diumpat pria itu tampak begitu sabar menghadapi segala caci maki tersebut. Dia beberapa kali meminta pria kulit putih itu agar mundur. Masih dalam video yang sama, polisi lain terdengar mengatakan kepada demonstran itu agar tidak berdiri terlalu dekat karena ada wabah virus corona.

Semua polisi yang berjaga di dekat Lafayette Park, Washington DC—lokasi aksi tersebut—tampak mengenakan pelindung wajah. Sementara, pengunjuk rasa kulit putih yang kasar itu tidak memakai masker dan baju.

Editor : Ahmad Islamy Jamil