Polisi Lumpuhkan Emotet, Malware Paling Berbahaya di Dunia

Ahmad Islamy Jamil · Kamis, 28 Januari 2021 - 06:00:00 WIB
Polisi Lumpuhkan Emotet, Malware Paling Berbahaya di Dunia
Ilustrasi malware. (Foto: Ist.)

BERLIN, iNews.id – Tim investigasi global telah menonaktifkan infrastruktur Emotet, yang dianggap sebagai malware paling berbahaya di dunia. Emotet mampu mencuri kata sandi dan menginstal perangkat lunak berbahaya dari jarak jauh. 

Badan Kriminal Kepolisian Federal Jerman, pada Rabu (27/1/2020) mengungkapkan, operasi tersebut dilakukan pada sehari sebelumnya sebagai bagian dari penyelidikan yang melibatkan banyak negara. Tim internasional terdiri atas para penyelidik dari Belanda, Ukraina, Lithuania, Prancis, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat

“Operasi dikoordinasikan oleh otoritas penegak hukum Eropa,” kata polisi dalam sebuah pernyataan dikutip Reuters.

Emotet termasuk malware berjenis ransomware dan dapat mencuri kata sandi serta menginstal program yang dikendalikan dari jarak jauh. Profesor dari Universitas California di Los Angeles AS, John Villasenor menjelaskan, ransomware mampu mengambil alih kendali atas sebuah komputer dan mencegah penggunanya untuk mengakses data hingga tebusan dibayar.

Emotet diyakini telah digunakan dalam sejumlah serangan terorganisasi, termasuk upaya untuk menyusup ke perusahaan minyak terbesar dunia, Saudi Aramco, dan untuk memanipulasi kampanye presiden AS 2020.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2