Tips Hilangkan Malware di Smartphone

Riyandy Aristyo · Selasa, 05 Januari 2021 - 09:05:00 WIB
Tips Hilangkan Malware di Smartphone
Tips Hilangkan Malware di Smartphone (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Malware menjadi salah satu masalah yang kerap ditemukan pengguna smartphone. Salah satu tanda smartphone sudah terserang malware adalah muncul iklan terus menerus.

Bila smartphone Anda terserang malware, jangan khawatir. Pasalnya, ada sejumlah cara untuk menghentikan serangan malware yang menimpa ponsel pintar mereka. 

Bagi yang tidak mengetahui caranya, berikut ini tips untuk menghilangkan malware di smartphone sebagaimana dikutip iNews.id dari Cnet, Senin (4/1/2021).

1. Memperbaharui Perangkat Ponsel

Cara ini dinilai paling efektif untuk menghentikan serangan malware. Misalnya, smartphone yang dimiliki berupa Android 10 kemudian diupgrade menjadi Android 11. Pembaruan diklaim dapat memutus akses perangkat lunak berbahaya dan menjaga malware agar tidak bekerja sejak awal.

2. Periksa Izin Aplikasi

Saat pertama kali mengunduh game, periksa apakah game tersebut salah satu aplikasi yang berbahaya. Peneliti keamanan untuk perusahaan keamanan mobile Lookout, Adam Bauer mengatakan, menghapus aplikasi yang berbahaya bisa jadi rumit karena akan memberikan hak administrator, sehingga tidak dapat dihapus begitu saja tanpa langkah tambahan.

Editor : Dini Listiyani

Halaman : 1 2