Korea Selatan Konfirmasi 5 Kasus Covid Omicron, Penderita Sudah Divaksin Penuh

Anton Suhartono ยท Kamis, 02 Desember 2021 - 07:07:00 WIB
Korea Selatan Konfirmasi 5 Kasus Covid Omicron, Penderita Sudah Divaksin Penuh
Korea Selatan melaporkan 5 kasus Covid-19 varian Omicron (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Selatan (Korsel) melaporkan lima kasus pertama Covid-19 varian Omicron, Rabu (1/12/2021). Laporan ini sejalan dengan lonjakan kasus infeksi Covid di Negeri Gingseng yang mencapai rekor lebih dari 5.000, tepatnya 5.123 penderita, pada Selasa.

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengungkap, lima orang yang terinfeksi Omicron adalah pasangan yang tiba dari Nigeria pekan lalu. Mereka sudah mendapatkan vaksin Covid-19 penuh. Tiga orang lainnya adalah dua anggota keluarga serta seorang rekan pasangan tersebut.

Korsel mengalami lonjakan kasus sejak awal November setelah negara itu melonggarkan pembatasan. Temuan varian Omicron mendorong pemerintah untuk menghentikan pelonggaran lebih lanjut pada Senin pekan depan.

"Pihak berwenang bisa menurunkan jumlah kasus dengan menerapkan kembali pembatasan jarak sosial," kata Jung Jae Hun, seorang profesor kedokteran Universitas Gachon, dikutip dari Reuters, Kamis (2/12/2021).

Korsel sudah menyuntik hampir 92 persen dari populasi orang dewasa. Saat ini program imunisasi fokus pada anak-anak serta memberikan suntikan booster terhadap kelompok rentan.

Sejalan dengan lonjakan kasus infeksi, tingkat ketirisian rumah sakit juga bertambah. Saat ini RS merawat 723 pasien Covid-19 parah, rekor tertinggi sejak pandemi. Hampir 90 persen dari tempat tidur ICU di Seoul dan sekitarnya sudah terisi dan 842 pasien lainnya antre untuk masuk.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: