Presiden Brasil Nekat Tak Pakai Masker saat Jenguk Menteri Positif Covid

Antara ยท Jumat, 23 Oktober 2020 - 08:41 WIB
Presiden Brasil Nekat Tak Pakai Masker saat Jenguk Menteri Positif Covid

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro. (Foto: AFP)

BRASILIA, iNews.id – Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, pada Kamis (22/10/2020) menjenguk Menteri Kesehatan Eduardo Pazuello yang positif Covid. Dalam kesempatan tersebut, dia mengklaim penyakit itu mudah sembuh dengan cepat berkat bantuan obat klorokuin yang kontroversial.

Keduanya berbincang dan bersenda gurau tanpa menggunakan masker di kamar hotel tempat Pazuello menjalani isolasi. Pertemuan dua pejabat negara itu terlihat dalam video yang diunggah di media sosial oleh Bolsonaro—yang pulih dari Covid-19 pada Juli lalu.

Bolsonaro kerap meremehkan bahaya virus corona dan menentang langkah pembatasan Covid-19 yang diterapkan sejumlah gubernur dan wali kota di Brasil. Saat mengunjungi Pazuello, Bolsonaro memanfaatkan pertemuan itu untuk menyarankan penggunaan awal obat antimalaria klorokuin.

Padahal, para ilmuwan menyatakan klorokuin bukanlah obat Covid. Mereka juga mengungkapkan bahwa uji klinis klorokuin dan hidroksiklorokuin tidak menunjukkan khasiat dalam mengobati pasien Covid-19.

“Ini kasus konkret lainnya dari seseorang yang mengonsumsi klorokuin dan berhasil. Ini alternatif, jika dokter meresepkannya,” ujar Bolsonaro, dikutip Reuters, Jumat (23/10/2020).

Pazuello adalah jenderal aktif di Angkatan Darat Brasil. Dia mengaku kelelahan pada Minggu (18/10/2020) lalu, namun tetap bertugas pada Senin (19/10/2020) dan merasa kondisinya makin memburuk pada malam itu juga.

Pazuello merasakan sakit kepala dan demam ketika itu. Keesokan harinya ia didiagnosis Covid-19. Termasuk Pazuello, hampir separuh dari 23 anggota kabinet Bolsonaro kini telah terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, sang presiden dan ibu negara juga terjangkit penyakit asal China itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil