Presiden Chechnya: Pasukan Rusia Kepung Lysychansk, Serangan Skala Penuh Segera Dimulai

Anton Suhartono ยท Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:01:00 WIB
Presiden Chechnya: Pasukan Rusia Kepung Lysychansk, Serangan Skala Penuh Segera Dimulai
Ramzan Kadyrov menyebut pasukan Rusia dan kelompok separatis Luhansk mengepung Kota Lysychansk, Ukraina (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Presiden Chechnya Ramzan Kadyrov mengungkap, pasukan Rusia beserta kelompok separatis Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang pro-Moskow telah mengepung Kota Lysychansk, Ukraina, Sabtu (2/7/2022). Ini mengindikasikan kota yang berada di Provinsi Luhansk itu segera jatuh ke tangan Rusia.

Lysychansk merupakan kota terakhir di Luhansk yang belum berhasil dikuasai Rusia dan kelompok separatis. Pekan lalu Rusia merebut Sievierodonetsk. 

"Perangkap telah ditutup, Lysychansk sepenuhnya dikepung oleh pasukan sekutu (Rusia dan separatis)," kata Kadyrov, di Telegram, seraya menambahkan semua pintu masuk dan keluar kota telah diblokir.

Dia menambahkan, serangan skala penuh ke kota tersebut segera dimulai.

Pekan lalu, pasukan LPR juga menginformasikan pengepungan Lysychansk segera dimulai.

LPR menguasai sekitar setengah wilayah Luhansk sebelum operasi militer khusus Rusia pada 24 Februari. Namun 4 bulan sejak operasi militer, pasukan Rusia dan LPR mengalami banyak kemajuan hingga menguasai hampir seluruh wilayah, kecuali Lysychansk.

Dengan menaklukkan Luhansk tinggal satu provinsi lagi yang belum dikuasai Rusia yakni Donetsk. Luhansk dan Donetsk, disebut juga dengan Donbass, merupakan dua wilayah di timur Ukraina yang memisahkan diri sejak 2014.

Beberapa hari sebelum mengumumkan operasi militer khusus di Ukraina, Presiden Vladimir Putin mengakui berdirinya Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan LPR.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda