Presiden Filipina Duterte Tepis Libur 3 Hari karena Diminta Istirahat oleh Dokter

Anton Suhartono ยท Kamis, 14 November 2019 - 08:40:00 WIB
 Presiden Filipina Duterte Tepis Libur 3 Hari karena Diminta Istirahat oleh Dokter
Rodrigo Duterte (Foto: AFP)

MANILA, iNews.id - Presiden Filipina Rodrigo Duterte menepis bahwa dia libur 3 hari karena diminta dokter untuk beristirahat. Diketahui, pada pekan lalu Duterte menjalani pemeriksaan medis, termasuk endoskopi.

Pernyataan itu disampaikan melalui orang kepercayaannya, Senator Christopher 'Bong' Go, di Istana Malacanang. Menurut Go, pria 74 tahun itu beristirahat di rumahnya di Kota Davao karena merasakan sakit luar biasa di tulang belakang.

Keluhan itu juga yang menjadi penyebab Duterte mempersingkat kunjungannya ke Jepang saat menghadiri penobatan Kaisar Naruhito pada 22 Oktober 2019.

"Sebenarnya Presiden tak mau istirahat. Bahkan sekalipun dokter menyarankan untuk istirahat, dia tak mau," kata Go, dikutip dari Philippine Daily Inquirer, Kamis (14/11/2019).

Dia menegaskan, Duterte lebih suka bekerja dan berjalan-jalan ketimbang menghabiskan waktu di rumah.

"Dia tak betah berlama-lama di rumah karena dia sangat ingin bekerja," tuturnya.

Pada Senin (11/11/2019), juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengatakan Duterte mengambil cuti 3 hari. Namun setelah itu dia meralat bahwa Duterte tak mengambil cuti resmi dan akan bekerja dari rumahnya di Davao.

Sakit tulang belakang yang dirasakan Duterte muncul setelah dia mengalami kecelakaan sepeda motor di Istana Malacanang bulan lalu. Namun dokter mengatakan Duterte hanya mengalami kejang otot dan menyarankannya untuk mengurangi aktivitas.

Duterte akan memulai aktivitas akhir pekan ini dengan mengunjungi Provinsi Cotabato Utara, wilayah yang diguncang beberapa kali gempa bumi bulan lalu. Selain itu Duterte akan menghadiri agenda yang padat pekan depan.

Editor : Anton Suhartono