Presiden Palestina Mahmoud Abbas Bertemu Pemimpin Kongres Yahudi Dunia, Ada Apa?

Anton Suhartono ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 04:20 WIB
Presiden Palestina Mahmoud Abbas Bertemu Pemimpin Kongres Yahudi Dunia, Ada Apa?

Mahmoud Abbas (Foto: AFP)

TEPI BARAT, iNews.id - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Presiden Kongres Yahudi Dunia Ronald Lauder di Ramallah, Tepi Barat, Sabtu (10/10/2020).

Menteri Urusan Sipil Palestina Hussein Al Sheikh melaporkan adanya pertemuan tersebut melalui cuitan, namun dia tidak memberikan penjelasan lebih rinci mengenai apa saja yang dibahas.

Seorang pejabat Palestina lain, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/10/2020), mengatakan, Lauder tidak membawa pesan dari Gedung Putih dalam pertemuan dengan Abbas tersebut.

Lauder yang merupakan pengusaha asal Amerika Serikat (AS) turut menghadiri penandatanganan kesepakatan damai antara Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain dengan Israel pada 15 September 2020 di Gedung Putih, Washington DC.

Abbas diketahui menentang kesepakatan normalisasi hubungan UEA dan Bahrain dengan Israel dengan menyebut keduanya seperti menusuk Palestina dari belakang.

Dalam wawancara dengan surat kabar Arab Saudi, Arab News, pada 16 September lalu, Lauder berharap kesepakatan itu akan berdampak membawa Palestina kembali ke pembicaraan damai dengan Israel yang terhenti sejak 2014.

Palestina memutuskan hubungan dengan pemerintahan Presiden Donald Trump sejak Gedung Putih mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keterlibatan AS dalam pembicaraan damai dengan Israel tidak menguntungkan bagi Palestina.

Abbas menilai AS telah berpihak kepada Israel dengan memberikan pengakuan atas wilayah Yerusalem sehingga tidak bisa menjadi penengah yang adil.

Editor : Anton Suhartono