Presiden Prancis Emmanuel Macron: Dialog Satu-satunya Jalan Keluar dari Krisis Ukraina

Ahmad Islamy Jamil ยท Senin, 05 Desember 2022 - 10:13:00 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron: Dialog Satu-satunya Jalan Keluar dari Krisis Ukraina
Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: Reuters)

PARIS, iNews.id – Presiden Prancis Emmanuel Macron yakin bahwa negosiasi menjadi satu-satunya jalan keluar dari krisis Ukraina. Karena itu, dia mengaku terus mempertahankan komunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Saya pikir penting untuk menyampaikan pesan bahwa ini adalah keputusan Ukraina, satu-satunya cara untuk menemukan solusi adalah melalui negosiasi. Saya tidak melihat opsi militer (untuk menyelesaikan masalah) di lapangan,” kata Macron dalam salah satu program CBS, seperti dikutip kembali, Senin (5/12/2022).

Pemimpin Prancis itu mengatakan, Putin merasakan kebencian terhadap Barat, khususnya Amerika Serikat dan Uni Eropa. Kebencian itu berasal dari keyakinan Putin bahwa Barat berusaha menghancurkan Rusia. 

Padahal, kata Macron, asumsi Putin itu tidak pernah menjadi pandangan orang-orang Prancis. Menurut dia, Rusia dan Prancis memiliki ikatan budaya dan sejarah, sehingga tidak ada alasan bagi Paris untuk menghancurkan Moskow.

“Saya selalu mempertahankan diskusi rutin dan kontak langsung dengan Presiden Putin, karena  saya yakin cara terbaik untuk terlibat kembali adalah dengan menjaga saluran langsung ini,” kata Macron.

Pada Sabtu (3/12/2022), Macron mengatakan kepada harian Le Parisien bahwa dia berencana untuk berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelum melanjutkan pembicaraan dengan Putin via telepon.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, pada Sabtu lalu mengatakan belum ada jadwal yang ditetapkan untuk percakapan telepon antara Putin dan Macron.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda