Presiden Xi Jinping kepada Jokowi: Kerja Sama Vaksin Covid China dan RI Terdepan di Dunia

Anton Suhartono · Rabu, 21 April 2021 - 11:29:00 WIB
Presiden Xi Jinping kepada Jokowi: Kerja Sama Vaksin Covid China dan RI Terdepan di Dunia
Joko Widodo dan Xi Jinping (Foto: Antara)

BEIJING, iNews.id - Presiden Xi Jinping menegaskan China akan terus bekerja sama dengan Indonesia terkait pengadaan vaksin Covid-19. China siap membantu Indonesia membangun pusat produksi vaksin  di kawasan.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (20/4/2021), seperti dikutip dari Xinhua, Xi menegaskan China dan Indonesia sangat mementingkan nyawa dan kesehatan masyarakat serta menentang nasionalisme vaksin.

Dia juga menekankan kerja sama pengadaan vaksin virus corona antara kedua negara berada di garis terdepan dunia.

Xi juga menegaskan China siap bergandengan tangan dengan Indonesia untuk meningkatkan saling kepercayaan, memperdalam konsensus, memperkuat koordinasi, menegakkan multilateralisme, menjaga keadilan, mempromosikan tata kelola iklim global, membela kepentingan negara berkembang, serta memajukan pembangunan komunitas bagi umat manusia di masa depan.

Kerja sama perdagangan dan investasi antara China dan Indonesia, lanjut dia, terus tumbuh meski ada pandemi Covid-19. Ini menunjukkan ketahanan yang kuat dan potensi besar.

Kedua pihak juga harus terus mendorong proyek kerja sama infrastruktur, seperti kereta api cepat Jakarta-Bandung, secara sungguh-sungguh, melaksanakan proyek-proyek utama termasuk koridor ekonomi komprehensif kawasan, mendorong area pertumbuhan, seperti energi baru, dan kerja sama maritim, ekonomi digital, dan berbagai bidang lainnya.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2