Pertemuan PM Suga dan Joe Biden di Gedung Putih Bikin China Meradang

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 17 April 2021 - 17:49:00 WIB
Pertemuan PM Suga dan Joe Biden di Gedung Putih Bikin China Meradang
Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga (kiri) dan Presiden AS Joe Biden (kanan) saat jumpa pers di Gedung Putih, Washington DC, Jumat (16/4/2021). (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id – Pertemuan Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dan Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Jumat (16/4/2021), banyak membahas isu yang berkaitan dengan China. Di antaranya menyangkut soal Taiwan, Hong Kong, Xinjiang.

Hal itu, membuat China meradang. Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (17/4/2021), Kedutaan Besar China di AS dengan tegas menentang pernyataan bersama yang dikeluarkan Amerika Serikat dan Jepang. 

“Taiwan, Hong Kong dan Xinjiang adalah urusan dalam negeri China dan tidak boleh diganggu,” demikian bunyi pernyataan itu, seperti dilansir Reuters, hari ini.

Kedubes China menambahkan, topik pembicaraan AS dan Jepang itu telah melampaui ruang lingkup hubungan bilateral normal, dan merugikan kepentingan China selaku pihak ketiga. “Serta mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan,” ungkap Kedubes China.

Biden menjamu Suga di Gedung Putih, Jumat waktu setempat. Dalam kesempatan itu, presiden AS menawarkan kesempatan kerja sama yang lebih erat kepada Jepang. Ini sesuai dengan janji Biden untuk merevitalisasi aliansi AS yang sempat tegang di bawah pendahulunya, mantan Presiden Donald Trump. 

Ini adalah pertemuan tatap muka pertama Biden dengan Suga di Gedung Putih sejak pertama menjabat presiden pada 20 Januari lalu. Topik pertemuan itu lebih banyak membahas soal China, sekaligus menggarisbawahi peran sentral Jepang dalam upaya AS untuk menghadapi Beijing. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2