Pria di Florida Sulap Kulit Ular Sanca dan Iguana Jadi Masker Corona

Ahmad Islamy Jamil ยท Sabtu, 23 Mei 2020 - 16:33 WIB
Pria di Florida Sulap Kulit Ular Sanca dan Iguana Jadi Masker Corona

Proses pembuatan masker dari kulit ular sanca oleh perajin asal Florida, AS, Brian Wood. (Foto-foto: AFP)

MIAMI, iNews.id – Seorang perajin di Florida telah menemukan cara baru untuk mengatasi sekaligus pandemi virus corona (Covid-19) dan masalah invasi ular sanca (piton) dan iguana yang merusak ekosistem negara bagian AS yang rapuh itu. Brian Wood (63), pemilik All American Gator Products, punya ide untuk merancang masker wajah yang terbuat dari kulit reptil-reptil itu.

“Saya mengambil sesuatu yang sangat serius dan mengubahnya menjadi semacam fashion statement (ekspresi mode),” kata Wood di bengkel seninya yang berada di Pantai Dania, sekitar 40 kilometer di utara Kota Miami, dikutip AFP, Sabtu (23/5/2020).

Woods mengaku mendapatkan inspirasi membuat masker berbahan kulit reptil itu dari sumber yang aneh, yaitu meme yang dia jumpai beberapa waktu lalu. Meme itu menggambarkan tentang seekor kuda mengenakan bra perempuan sebagai masker wajah.

Dia pun lantas bertanya kepada istrinya, apakah dia bisa meminjam salah satu bra milik perempuan itu untuk menguji konsep itu akan berhasil atau tidak. Kini, Woods menjual masker wajah dari kulit ular piton itu di laman Facebook miliknya seharta 90 dolar AS per buah.

Populasi ular sanca yang tak terkendali telah mendatangkan malapetaka di Everglades, lahan basah yang luas di Florida Selatan.

Beberapa dari ular bernama latin Python bivittatus memiliki panjang mencapai 5,5 hingga 6 meter. Mereka memangsa hampir semua hewan berukuran kecil hingga sedang, mulai dari tikus sampai rusa.

Ular itu mulanya diperkenalkan ke Florida sebagai hewan peliharaan eksotis menjelang akhir abad ke-20 dan dilepaskan ke Everglades. Sayangnya, di lingkungan itu mereka tidak memiliki predator, sehingga populasi ular sanca di kawasan itu meledak dan tak terkendali.

Brian Wood sedang membuat masker berbahan kulit ular sanca di bengkel seninya.

Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida memberikan hadiah kepada para pemburu yang berhasil menangkap ular-ular itu.

Sementara, iguana kemungkinan juga didatangkan ke Florida sebagai hewan peliharaan sebelum dilepaskan ke alam liar, tempat mereka berkembang biak dengan subur di iklim yang nyaman.

Editor : Ahmad Islamy Jamil