Pria Inggris Tewas Digigit Ular Laut di Australia

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 05 Oktober 2018 - 09:43 WIB
Pria Inggris Tewas Digigit Ular Laut di Australia

Pria Inggris tewas setelah digigit ular laut. (Foto: doc)

SYDNEY, iNews.id - Seorang pria Inggris tewas setelah digigit ular laut saat bekerja di kapal ikan lepas pantai Northern Territory, Australia. Polisi Northern Territory mengatakan, pria 23 tahun itu digigit saat menarik jaring sekitar pukul 12.00 waktu setempat pada Kamis (4/10/2018), sekitar 70 mil dari laut selatan Groote Eylandt.

Seorang awak helikopter CareFlight dan kapal-kapal lain di daerah itu bergegas untuk membantu namun tidak dapat menyelamatkannya.

Petugas ambulans St John, Craig Garraway, mengatakan tidak banyak yang bisa dilakukan petugas bantuan untuk menyelamatkan pria tersebut.

"Sebuah kapal ikan di kawasan Groote Eylandt melaporkan salah seorang kru pria digigit ular laut," kata Garraway, seperti dilaporkan ABC News, Jumat (5/10/2018).

"Klinik kesehatan dan polisi Groote Island menanggapi laporan kapal itu, namun sayangnya laki-laki itu meninggal pada Kamis sore," ujarnya.

Pria itu dinyatakan tewas setelah kapal tiba di Kota Borroloola di Teluk Carpentaria.

Dubes Inggris untuk Austrlia telah diberitahu soal kematian pria itu. Sementara, pihak kepolisian masih menyelidiki dan pemeriksaan mayat akan dilakukan.

Ini bukanlah kasus pertama meninggalnya warga muda Inggris di atas kapal ikan di kawasan bagian utara Australia.

Ryan Donoghue (20) tewas karena sengatan listrik di atas kapal penangkap udang di Teluk Carpentaria pada November 2013.

Sementara itu, beberapa bulan lalu, jari tangan seorang nelayan Darwin Peter Davis hampir saja diamputasi setelah digigit oleh ular laut yang tersangkut di kailnya.

"Ular laut sama berbahayanya atau mungkin lebih berbahaya dibandingkan ular harimau atau ular coklat, yang memang mematikan," kata peneliti Charles Michael University, Michael Guinea.

Menurut Guinea, ular laut ini biasanya agresif bila berada di bawah permukaan laut. Namun jika nelayan melihatnya tersangkut di kail, cara paling baik adalah memotong kail sehingga ular kembali masuk ke laut.

Siapa pun yang digigit ular laut harus membalut luka dan melumpuhkannya, sebelum mencari pertolongan medis dalam 24 hingga 48 jam, saran pihak berwenang.


Editor : Nathania Riris Michico