Pria Tertua di Dunia Chitetsu Watanabe Meninggal di Usia 112 Tahun

Anton Suhartono ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 16:16 WIB
Pria Tertua di Dunia Chitetsu Watanabe Meninggal di Usia 112 Tahun

Chitetsu Watanabe (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Chitetsu Watanabe, warga Prefektur Niigata, Jepang, yang digelari pria tertua di dunia meninggal di usia 112 tahun.

Menurut keterangan pejabat Prefektur Niigata, seperti dikutip dari AFP, Selasa (25/2/2020), pria kelahiran 5 Maret 1907 itu meninggal pada Minggu (23/2/2020) di panti jompo.

Kabar duka ini muncul kurang dari 2 pekan setelah dia diakui secara resmi oleh Guinness World Records sebagai pria tertua di dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Watanabe mengungkapkan rahasia panjang umur, yakni tidak marah dan tetap tersenyum. Pria dengan lima anak itu juga mengaku suka mengonsumsi makanan manis seperti puding custard dan es krim.

Gelar pria tertua di Jepang kini dipegang Issaku Tomoe dengan usia 110 tahun. Tidak diketahui apakah Tomoe juga memegang gelar secara global.

Sementara itu gelar perempuan tertua di Jepang dipegang Kane Tanaka dengan usia 117 tahun.

Jepang merupakan salah satu negara dengan angka harapan hidup tertinggi di dunia, termasuk Jiroemon Kimura, pria paling lama yang pernah hidup di negara itu. Dia meninggal setelah ulang tahun ke-116 pada Juni 2013.

Sementara itu gelar orang tertua di dunia yang pernah hidup versi Guinness adalah Jeanne Louise Calment asal Prancis. Dia meninggal pada 1997 di usia 122 tahun.


Editor : Anton Suhartono