Pria Tunawisma Menyusup ke Pangkalan Air Force One: Saya Ingin Lihat Pesawat Terbang

Anton Suhartono ยท Jumat, 12 Maret 2021 - 08:46:00 WIB
Pria Tunawisma Menyusup ke Pangkalan Air Force One: Saya Ingin Lihat Pesawat Terbang
Pria tunawisma menyusup ke Pangkalan Gabungan Andrews tempat parkir Air Foce One (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Seorang pria tunawisma nyaris mendekati pesawat kepresidenan Amerika Serikat (AS) Air Force One yang diparkir di Pangkalan Gabungan Andrews di Maryland, demikian laporan Angkatan Udara AS terkait insiden yang terjadi pada 4 Februari itu.

Pangkalan Gabungan Andrews yang berada di luar Washington DC merupakan tempat bagi presiden, menteri pertahanan, serta pejabat tinggi lainnya terbang untuk agenda resmi. Pangkan ini juga menjadi titik kedatangan kunjungan VIP seperti kepala negara asing.

Pria berpenampilan aneh yakni mengenakan topi seperti kuping tikus itu hilir mudik dengan leluasa selama 5 jam di pangkalan yang seharusnya steril dari orang asing. Tidak ada petugas yang mencurigainya sebelum diamankan.

Dia dengan mudah melewati beberapa lapisan keamanan, termasuk di pintu gerbang, padahal tak membawa tanda khusus.

Dalam laporan, Inspektur Jenderal Angkatan Udara AS Sami Said mengatakan, pelaku secara tidak sah memasuki Pangkalan Gabungan Andrews dan berjalan ke pesawat angkut C-40. Namun dia tidak mendekati Air Force One maupun pesawat Boeing 747 Menteri Pertahanan.

Dia diektahui menghabiskan 5 jam dengan berjalan-jalan ke food court, terminal VIP, dan tempat lain.

"Di kepalanya ada topi merah atau merah muda cerah yang menutupi sebagian telinga dan ada bola khas di atasnya terlihat seperti telinga tikus," demikian isi laporan, seperti dikutip dari AFP, Jumat (12/3/2021).

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2