Profil Presiden UEA Syekh Khalifa, Raja Cerdas yang Cukup dengan Seorang Istri 

Umaya Khusniah · Jumat, 13 Mei 2022 - 20:31:00 WIB
Profil Presiden UEA Syekh Khalifa, Raja Cerdas yang Cukup dengan Seorang Istri 
Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia. (Foto: Reuters)

DUBAI, iNews.id - Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Syekh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia, Jumat (13/5/2022) di usia 73 tahun. Dia dikenal sebagai raja kaya namun hanya memiliki seorang istri. 

Setelah terpilih menjadi raja Abu Dhabi dan presiden Uni Emirat Arab pada 3 November 2004, Syekh Khalifa langsung menaikkan 100 persen seluruh gaji tenaga kerja di negaranya. Dia juga telah memimpin restrukturisasi besar-besaran baik dari Pemerintah Federal maupun pemerintah Abu Dhabi.

Syekh Khalifa memiliki jumlah kekayaan lebih dari 15 miliar dolar AS atau setara Rp219,5 triliun. Pria ini terkenal sangat dermawan, salah satunya pernah mendonasikan dana dalam jumlah besar untuk dua universitas asing.

Putra Tertua yang Disiapkan Jadi Raja 

Sheikh Khalifa yang memiliki nama lengkap Raja Khalifa Bin Zayed Al Nahayan lahir pada 25 Januari 1948. Dia merupakan putra sulung dari pasangan Zayed bin Sultan Al Nahyan dan Hassa bint Mohammed bin Khalifa Al Nahyan.

Dua adik laki-lakinya bernama Mansour bin Zayed Al Nahyan dan Ahmed bin Zayed Al Nahyan. Dia dibesarkan di Kota Al Ain.

Dia telah mempelajari tentang pemerintahan dan kepemimpinan di sekolah yang didirikan ayahnya. 

Di usianya yang ke-21 tahun, dia sudah diangkat menjadi putra mahkota. Sang ayah sangat yakin pada kemampuan puta sulungnya dan memberinya berbagai kewenangan.

Karier Pemerintahan Syeikh Khalifa

Pada 1966, Khalifa ditunjuk menjadi Kepala Departemen Pengadilan di Al Ain. Saat itu ayahnya baru menjadi penguasa baru Abu Dhabi.

Saat pembentukan pemerintahan Uni Emirat Arab dibakukan, dia terpilih menjadi Perdana Menteri Abu Dhabi pada 1971. Dua tahun kemudian, dia diangkat menjadi wakil perdana menteri Uni Emirat Arab.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda