PSK Nigeria yang Tewas Ditikam Pelanggan Diabadikan Jadi Nama Jalan di Belgia

Umaya Khusniah · Selasa, 21 September 2021 - 18:24:00 WIB
PSK Nigeria yang Tewas Ditikam Pelanggan Diabadikan Jadi Nama Jalan di Belgia
Eunice Osayande pekerja seks Nigeria yang tewas ditikam pelanggan. (Foto: Belga)

BRUSSEL, iNews.id - Nama seorang pekerja seks Nigeria yang tewas ditikam pelanggan diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Brussel, Belgia. Alasan pemilihan nama korban untuk menarik perhatian semua wanita yang menjadi korban perdagangan manusia, kekerasan seksual dan pembunuhan wanita.

Korban yakni Eunice Osayande yang tewas pada Juni 2018. Jalan yang dimaksud itu menghubungkan Quai de Willebroeck dan Quai des Péniches. 

Pejabat yang bertanggung jawab atas toponimi (cabang onomastika yang menyelidiki nama tempat), Ans Persoons mengatakan, feminisme inklusif adalah tentang hak dan perjuangan perempuan di setiap tingkatan sosial. Sebanyakk 42 persen wanita antara usia 16-69 tahun setidaknya pernah mengalami kekerasan seksual dan fisik. 

“Di kalangan pekerja seks, persentasenya jauh lebih tinggi. Masalah ini patut mendapat perhatian dan urgensi lebih. Dan itulah mengapa Eunice Osayande diabadikan menjadi nama jalan ini,” katanya dilansir dari Brusselstimes. 

Persoons menambahkan, pihaknya selalu memilih naman dari wanita yang mencolok namun sering dilupakan. Atau mereka dengan bakat atau prestasi luar biasa. 

"Tapi bagi saya, feminisme bukan hanya tentang perempuan yang berprestasi,” katanya.

Maxime Maes dari UTSOPI, serikat pekerja seks yang terlibat erat dengan kasus Osayande menyambut baik penghargaan untuk korban.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: