Rata-Rata 1 Anak di Australia Dibunuh Orang Tua setiap 2 Pekan

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 20 Januari 2021 - 13:39:00 WIB
Rata-Rata 1 Anak di Australia Dibunuh Orang Tua setiap 2 Pekan
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Ist.)

CANBERRA, iNews.id – Catatan pembunuhan anak oleh orang tua di Australia terbilang mengkhawatirkan. Menurut data yang dihimpun Reuters, rata-rata satu anak di negeri kanguru meninggal karena dibunuh orang tua setiap hampir dua minggu.

Pekan lalu, tiga anak bernama Claire (7), Anna (5), dan Matthew (3) tewas di tangan ibu mereka, Katie Perinovic, di Kota Tullamarine. Setelah menghabisi nyawa ketiga buah hatinya, pelaku lantas bunuh diri.

Ayah dari ketiga bocah malang itu, Tomislav Perinovic, serta orang tua Katie dikabarkan telah menerima hasil penyelidikan awal dari kepolisian setempat.

Kurang dari setahun yang lalu, Hannah Clarke dan anak-anaknya Aaliyah, Laianah, dan Trey dibunuh oleh sang suami, Rowan Baxter. Pelaku menyiram mobil mereka dengan bensin dan membakarnya.

Pada 2019, Anthony Harvey dijatuhi hukuman penjara seumur hidup di Perth karena membunuh tiga anak perempuannya yang masih balita Charlotte, Alice, dan Beatrix. Tak hanya itu, Harvey juga menghabisi nyawa istrinya, Mara, serta ibu mertuanya (ibu Mara), Beverley.

Pada tahun yang sama, perempuan bernama Charmaine McLeod diduga dengan sengaja menyebabkan tabrakan maut di Queensland. Insiden itu menewaskan dia dan keempat anaknya yang masih kecil, Aaleyn, Matilda, Wyatt, dan Zaidok.

Dalam kriminologi, pembunuhan anak oleh orang tua kandung dikenal dengan istilah filisida. Data di Australia menunjukkan, kasus filisida mencapai 18 persen dari semua pembunuhan domestik setiap tahun.

Salah satu studi filisida nasional komprehensif terbaru di Australia mendokumentasikan 238 kasus antara 2000 dan 2012. Studi itu mencerminkan tren dalam sudut pandang lain, yang mengungkapkan fakta bahwa pembunuhan anak oleh laki-laki (ayah) maupun perempuan (ibu) diwakili dalam jumlah yang kurang lebih sama.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2 3