Ratu Elizabeth II Larang Keras Pangeran Harry-Meghan Gunakan 'Sussex Royal' Jadi Brand Pribadi

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 10:19 WIB
Ratu Elizabeth II Larang Keras Pangeran Harry-Meghan Gunakan 'Sussex Royal' Jadi Brand Pribadi

Meghan (kiri), Pangeran Harry (tengah), dan Ratu Inggris Elizabeth II berpose saat Upacara Penghargaan Pemimpin Muda di Istana Buckingham, London, 26 Juni 2018. (FOTO: John Stillwell / POOL / AFP)

LONDON iNews.id - Pangeran Harry dan istrinya, Meghan, harus melepaskan label 'Sussex Royal' mereka setelah memutuskan mundur dari anggota aktif kerajaan Inggris.

Setelah pembicaraan panjang dan rumit, Ratu Elizabeth II dan pejabat senior diyakini sepakat bahwa pasangan bergelar Duke dan Duchess of Sussex itu tidak lagi dapat mempertahankan kata 'kerajaan' untuk brand mereka.

Harry dan Meghan menghabiskan puluhan ribu poundsterling untuk situs web Sussex Royal baru, melengkapi akun Instagram mereka yang sangat populer.

Mereka juga berupaya mendaftarkan Sussex Royal sebagai merek dagang global untuk berbagai barang dan kegiatan, termasuk pakaian, alat tulis, buku, dan bahan ajar.

Selain itu, mereka mengambil langkah-langkah mendirikan organisasi amal baru: Sussex Royal, Foundation of Duke dan Duchess of Sussex.

Kini sudah jelas bahwa mereka perlu melakukan 'branding' ulang.

Dilaporkan Daily Mail, Rabu (19/2/2020), di tengah apa yang digambarkan sebagai situasi 'kompleks', pasangan itu menerima bahwa, sebagai bagian dari aturan kerja baru, mereka tidak akan dapat menggunakan nama Sussex seperti yang mereka harapkan.

Perkembangan ini dianggap sebagai pukulan besar bagi Sussex, yang kini harus memulai lagi dan mendaftarkan kembali semuanya, dari situs web hingga badan amal di bawah label baru.

Harry dan Meghan pertama kali menggunakan branding Sussex Royal tahun lalu, setelah mereka memisahkan administrasi rumah tangga kerajaan mereka dari Pangeran William dan istrinya, Kate, atau pasangan Duke dan Duchess of Cambridge -dikenal sebagai Kensington Royal.

Halaman Instagram The Sussexes, @sussexroyal, telah memiliki 11,2 juta pengikut - jumlah yang sama dengan akun William dan Kate, @KensingtonRoyal

Ketika diam-diam bersiap untuk kehidupan baru di Kanada, jelas bahwa 'Sussex Royal' berada di garis depan dalam rencana Harry-Meghan.

Puluhan aplikasi merek dagang dibuat untuk semua hal, mulai dari bandana hingga notebook -meskipun sumber selalu menekankan bahwa ini adalah langkah pencegahan untuk melindungi merek dagang dan tidak pernah dimaksudkan untuk komersial.

Pasangan itu juga secara pribadi membuat situs web baru yang rilis bulan lalu, dengan perkenalan: 'Selamat datang di komunitas Sussex Royal, sumber Anda untuk informasi tentang Duke dan Duchess of Sussex.'

Keputusan pasangan itu untuk mundur dari tugas resmi Kerajaan Inggris dan berniat mandiri secara finansial menjadi kunci Sussex Royal.

Namun hal ini menempatkan Ratu Elizabeth II dalam posisi yang berbahaya, memberi keyakinan yang sejak lama dipegangnya untuk mengizinkan anggota keluarga kerajaan mengambil keuntungan dari posisi mereka.

Ini artinya, setelah melepas gelar Her/His Royal Highness, label Sussex Royal juga harus ditinggalkan.

Kepada Mail, seorang sumber mengatakan: "Dalam banyak hal, hal ini tidak dapat dihindari karena keputusan mereka untuk mundur, tetapi itu pasti merupakan pukulan berat bagi mereka karena telah menginvestasikan semuanya ke dalam label Sussex Royal. Sang Ratu akan memiliki banyak pilihan, bagaimana pun."

Pasangan ini disebut tidak menyesal soal keputusan mereka untuk mundur.

Diskusi tentang yayasan amal membuat pasangan itu mengunjungi Universitas Stanford di California pekan lalu.

Yayasan itu diperkirakan akan diluncurkan pada April, dengan pasangan itu diyakini akan menjadi model nirlaba yang dijalankan oleh Barack dan Michelle Obama, Bill dan Hilary Clinton, serta Bill dan Melinda Gates.

Meghan-Harry juga muncul di sebuah konferensi di Miami yang diselenggarakan oleh raksasa perbankan, JP Morgan.

Mereka dilaporkan makan malam dengan Jennifer Lopez setelah terbang dengan jet pribadi dari Vancouver -meskipun sebelumnya mendesak dunia untuk menggunakan cara hidup yang ramah lingkungan untuk bepergian.

Media lokal melaporkan bahwa Harry muncul di panggung bersama istrinya dan Gayle King, pembawa acara TV yang menghadiri baby shower Meghan tahun lalu.

Editor : Nathania Riris Michico