Rekam Pendukung Partai Berkuasa Halangi Iring-Iringan Kelompok Oposisi, 4 Wartawan Dihajar

Umaya Khusniah ยท Sabtu, 27 Agustus 2022 - 13:50:00 WIB
Rekam Pendukung Partai Berkuasa Halangi Iring-Iringan Kelompok Oposisi, 4 Wartawan Dihajar
Empat jurnalis di Zimbabwe diserang dan dilukai sekelompok pendukung partai berkuasa, Zanu-PF. (Foto: Okezone)

GOKWE, iNews.id - Empat jurnalis di Zimbabwe diserang dan dilukai sekelompok pendukung partai berkuasa, Zanu-PF. Saat itu, para wartawan itu tengah merekam aksi mereka yang mengejar iring-iringan pemimpin oposisi, Nelson Chamisa. 

Dilansir dari Anadolu, saksi mata mengatakan, kendaraan Zanu-PF berusaha menghalangi pimpinan partai oposisi utama Zimbabwe, Koalisi Warga untuk Perubahan untuk memasuki Chitekete. Chamisa dijadwalkan berpidato di depan para pendukungnya di daerah Chitekete, Gokwe, Provinsi Midlands, Kamis (25/8/2022).

Sebanyak 10 orang pendukung Zanu-PF yang mengenakan tanda kebesaran partai yang berkuasa dan meninju serta menendang wartawan. Para korban diperintahkan untuk menghapus foto dan video sebelum peralatan mereka disita.

Tidak ada penangkapan yang dilakukan setelah penyerangan terhadap wartawan tersebut. Sementara itu, Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ) mengecam serangan tersebut.

“Pihak berwenang Zimbabwe harus menyelidiki serangan brutal terhadap empat jurnalis yang bekerja untuk media swasta, membawa para pelaku ke pengadilan, dan memastikan pendukung partai tidak menyerang anggota pers yang meliput demonstrasi politik,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda