Ribuan Muslim Mulai Melaksanakan Haji Hari Ini

Anton Suhartono ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 11:24 WIB
Ribuan Muslim Mulai Melaksanakan Haji Hari Ini

Ribuan umat Islam mulai melaksanakan ibadah haji 1441 H pada 29 Juli 2020 (Foto: AFP)

MAKKAH, iNews.id - Ribuan jemaah memulai aktivitas haji, Rabu (29/7/2020), dengan berkumpul di Mina. Tahun ini pelaksanaan haji digelar sangat berbeda untuk mencegah penularan virus corona.

Dalam kondisi nornal, haji diikuti lebih dari 2,5 juta umat Islam dari seluruh dunia, namun tahun ini dibatasi maksimal 10.000 orang. Dari jumlah itu, 70 persen merupakan jemaah asing dan sisanya warga lokal.

"Tidak ada kekhawatiran terkait keamanan pada pelaksanaan haji ini, tapi (perampingan) merupakan upaya untuk melindungi jemaah dari bahaya pandemi," kata Direktur Keamanan Publik Arab Saudi, Khalid bin Qarar Al Harbi, dikutip dari AFP.

Semua jemaah diharuskan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial, selama pelaksanaan haji yang berlangsung 5 hari di kota suci Makkah dan sekitarnya.

Sebelum pelaksanaan haji mereka harus menjalani karantina serta pemeriksaan kondisi fisik. Karantina akan diberlakukan kembali setelah haji.

Gambar-gambar yang dirilis media pemerintah menunjukkan, petugas kesehatan membersihkan bagasi jemaah serta memberi gelang elektronik sehingga memungkinkan pihak berwenang memantau keberadaan mereka.

Mereka juga diberi beberapa perlengkapan pendukung, bahkan kerilil untuk melempar jumrah sudah diberikan. Kerikil itu sudah didisinfeksi sebelumnya sehingga aman. Selain itu jemaah juga mendapat masker, sajadah, dan pakaian ihram.

Sementara itu Masjidil Haram siap menerima jemaah. Namun untuk tahun ini para jemaah tak diperbolehkan menyentuh Kakbah, yang juga terdapat Hajar Aswad.

Pengelola juga mendirikan beberapa fasilitas kesehatan, klinik keliling, serta menyiapkan ambulans untuk melayani para jemaah.

Editor : Anton Suhartono