Robot-Robot Pelayan Kafe Ini Dikontrol dari Jauh oleh Penyandang Cacat

Anton Suhartono ยท Rabu, 28 November 2018 - 06:23 WIB
Robot-Robot Pelayan Kafe Ini Dikontrol dari Jauh oleh Penyandang Cacat

Robot OriHime-Dmelayani tamu (Foto: Jiji Press)

TOKYO, iNews.id - Kafe atau restoran di Jepang yang para tamunya dilayani oleh robot mungkin bukan hal aneh lagi, tapi tempat makan dan nongkrong yang satu ini terbilang luar biasa.

Sebuah Kafe di Minato, Tokyo, yang pelayannya robot dibuka, Senin (26/11/2018). Uniknya, robot-robot itu cukupo dikendalikan dari rumah oleh pemilik yang merupakan penyandang disabilitas.

Ada lima robot yang diperkerjakan. Semuanya dikontrol dari jarak jauh oleh pemiliknya yang menderita gangguan saraf motorik.

Dia mengendalikan robot bernama OriHime-D itu menggunakan tablet atau komputer, dari mulai menyambut, menerima pesanan, hingga menyuguhkan hidangan ke para tamu. Pengendali bisa mengetahui kondisi yang dihadapi robot setinggi 1,2 meter itu melalui video dan audio yang ditransmisikan melalui internet.

Namun pengoperasian kafe bernama Dawn ver.β ini masih sebatas percobaan yakni sampai 7 Desember 2018.

"Robot-robot ini mampu melakukan tugas fisik dan partasipasi sosial," kata Kentaro Yoshifuji, CEO Ory Lab Inc, perusahaan yang mengembangkan OriHime-D, dikutip dari Kyodo, Selasa (27/11/2018).

Namun bukan berarti di kafe itu tidak ada pelayan manusia. Ada 10 pegawai magang yang bekerja dalam beberapa shift, masing-masing dibayar 1.000 yen per jam.

Kafe tersebut didirikan oleh tiga entitas. Selain Ory Lab, ada pula Nippon Fondation dan ANA Holdings. Kafe ini disiapkan untuk melayani tamu pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Robot Avatar memiliki potensi untuk transportasi dan komunikasi," kata pemimpin ANA Holdings, Shinichiro Ito.

Editor : Anton Suhartono