Rusia Akan Pasok Satelit Canggih untuk Iran, Bisa Deteksi Pangkalan Militer Israel

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 16:00:00 WIB
Rusia Akan Pasok Satelit Canggih untuk Iran, Bisa Deteksi Pangkalan Militer Israel
Rusia akan mengirim satelit canggih ke Iran yang mampu mendeteksi posisi pangkalan militer Israel (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Rusia akan mengirim satelit canggih ke Iran. Dengan alat itu Iran bisa mendeteksi target potensial di Timur Tengah, termasuk pangkalan militer Israel.

Surat kabar The Washington Post, mengutip beberapa pejabat dan mantan pejabat Amerika Serikat dan Timur Tengah, melaporkan satelit Kanopus-V buatan Rusia siap dikirim ke Iran dalam beberapa bulan.

Sistem satelit dilengkapi dengan kamera berkemampuan mata-mata. Targetnya mencakup kilang minyak di Teluk, pangkalan militer Israel, serta barak yang menampung pasukan AS di Irak.

Satelit Kanopus-V sebenarnya dipasarkan untuk penggunaan sipil, namun pemimpin Korps Garda Revolusi Iran memesan untuk kebutuhan militer. Untuk mendapatkannya, pejabat Iran melobi Rusia sejak 2018.

Pakar Rusia juga berkunjung ke Iran pada musim semi ini untuk membantu kru yang akan mengoperasikan satelit dari fasilitas yang di dekat Karaj.

Satelit itu akan menggunakan perangkat keras Rusia, termasuk kamera dengan resolusi 1,2 meter, kemajuan signifikan dari peralatan pertahanan Iran yang ada saat ini.

Garda Revolusi Iran pada tahun lalu juga berhasil meluncurkan satelit militer pertama ke orbit.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2