Rusia: Berkat Sanksi Barat, Perdagangan Kami dengan Thailand Bisa Melejit

Ahmad Islamy Jamil ยท Minggu, 22 Mei 2022 - 11:42:00 WIB
Rusia: Berkat Sanksi Barat, Perdagangan Kami dengan Thailand Bisa Melejit
Ilustrasi perdagangan antarnegara. (Foto: Ist.)

MOSKOW, iNews.id Sanksi ekonomi yang dikenakan Barat terhadap Moskow ternyata dapat mendorong peningkatan perdagangan Rusia dengan Thailand. Hal itu diungkapkan Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia, Maxim Reshetnikov.

“(Di bawah sanksi Barat,) kami sekarang akan mencari titik interaksi sebanyak mungkin,” kata Reshetnikov saat berpartisipasi dalam pertemuan tingkat menteri Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di ibu kota Thailand, Bangkok, akhir pekan ini.

“Dan, secara umum, 10 miliar dolar AS (Rp146,72 triliun) yang menjadi tujuan perdagangan kami sangat cocok dengan situasi ini, angka ini menjadi jauh lebih dapat dicapai jika Anda benar-benar melihat situasi saat ini,” ujarnya seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Dia menuturkan, sanksi Barat telah membuka area baru untuk pengembangan hubungan perdagangan dan ekonomi antara Rusia dan Thailand, termasuk di industri mobil.

“Thailand memiliki industri otomotif dan komponen otomotif yang sangat kuat. Inilah yang kami butuhkan secara objektif saat ini, peluang impor, (juga) kemungkinan pengembangan produksi bersama,” ucap sang menteri.

Menurut Reshetnikov, ini bukan satu-satunya bidang kerja sama potensial antara Moskow dan Bangkok. Secara umum, kata dia, sanksi Barat yang dijatuhkan terhadap Rusia menciptakan peluang unik bagi negara-negara Asia, termasuk Thailand, untuk memasuki pasar Rusia.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: