Rusia Sebar Rudal Pertahanan Bastion di Pulau Sengketa dengan Jepang

Anton Suhartono ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 11:35:00 WIB
Rusia Sebar Rudal Pertahanan Bastion di Pulau Sengketa dengan Jepang
Rusia menyebar rudal pertahanan Bastion di Pulau Paramushir, Kepulauan Kuril (Foto: Kemhan Rusia via Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Rusia mengerahkan rudal pertahanan di Kepulauan Kuril yang disengketakan dengan Jepang. Rudal yang ditempatkan di pantai itu menggunakan platform bergerak, kendaraan, sehingga bisa dimobilisasi kapan pun diperlukan.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan sistem pertahanan yang ditempatkan tersebut adalah rudal Bastion yang memiliki jangkauan 500 km. Posisi tepatnya di Pulau Paramushir, bagian utara Kepulauan Kuril.

"Personel pesisir Armada Pasifik akan terus berjaga setiap waktu untuk memantau wilayah perairan dan zona selat di dekatnya," bunyi pernyataan Kemhan Rusia, dikutip dari Reuters, Selasa (6/12/2022).

Di Paramushir juga dibangun kamp militer yang dilengkapi fasilitas standar untuk dinas, akomodasi, rekreasi, dan kebutuhan logistik sepanjang tahun.

Jepang mengklaim Kepulauan Kuril sebagai wilayahnya atau menyebutnya sebagai Wilayah Utara. Sengketa berlangsung sejak berakhirnya Perang Dunia II. Saat itu Uni Soviet mencaplok wilayah tersebut dari Jepang.

Tahun lalu Rusia juga memasang sistem pertahanan Bastion di Pulau Matua, masih di Kepulauan Kuril.

Lembaga think tank Center for Strategic and International Studies (CSIS) di Washington DC, Amerika Serikat, dalam laporan September lalu mengungkapkan, aktivitas militer Rusia di wilayah itu cenderung tak terdeteksi karena tersamarkan dengan perang di Ukraina.

"Langkah-langkah Rusia dalam meningkatkan kehadirannya, menunjukkan pulau-pulau itu akan terus memainkan peran yang mengganggu hubungan Rusia-Jepang di masa depan serta bahwa Jepang dan Amerika Serikat harus memperdalam konsultasi mengenai aktivitas Rusia di kawasan itu," bunyi laporan CSIS.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda